Kegiatan SD Kanisius Kenalan Selama Liburan

MediaSuaraMabes, Jakarta – Liburan menjadi waktu yang menyenangkan bagi anak-anak. Kesempatan bagi anak belajar dan mengeksplorasi banyak hal di luar sekolah. Liburan bermanfaat untuk cmenambah pengetahuan dengan mengunjungi taman wisata, cmenambah pengalaman dengan membantu orang tua dan keluarga, mencari hiburan di lingkungan  sekitar rumah dan tempat tempat  yang terjangkau.
Kegiatan yang Bisa Dilakukan Siswa di Akhir Masa Liburan Sekolah Pertama, melakukan ibadah sesuai waktunya dan tidak ada yang tertinggal. Kedua, melakukan aktivitas fisik di rumah, seperti: bersih-bersih rumah dan menanam. Ketiga, mulai menjalin komunikasi dengan wali kelas atau guru. Saat ini, komunitas mudah dilakukan. Melalui WhatsApp atau media sosial Facebook dan Instagram.
Kegiatan Anak SD untuk Mengisi Libur Semester
Beberapa “kegiatan Anak SD untuk Mengisi Libur Semester”antara lain :
1. Berkemah, selalu menyenangkan bagi anak usia sekolah. Suasana baru akan membuat mereka memiliki cerita baru saat kembali ke sekolah.
2. Berkebun, Anak-anak selalu senang bermain kotor-kotoran. Untuk menanam berbagai tanaman, siapkan bibit, biji, pot, atau lahan. Tunjukkan cara menanam bibit, menabur, atau menggali tanah. Kegiatan ini meningkatkan kemampuan motorik kasar dan menanamkan pengetahuan tentang proses dan sebab akibat.
3. Membaca dan Kegiatan Berdasarkan Buku, Hal menarik yang dapat dilakukan bersama keluarga selama liburan adalah membaca buku pilihan anak dan membahasnya. Anak dan ayah mereka juga dapat memerankan adegan dalam cerita yang dibaca anak. Simpan rekaman di ponsel untuk menjadi salah satu rekaman keluarga yang menarik.
4. Ke Pasar Tradisional, Anak-anak akan menikmati aroma ikan segar, makanan matang, dan sayuran. Anak-anak tidak hanya belajar tentang uang dan bertransaksi, tetapi mereka juga belajar tentang tekstur dengan memegang dan memilih bahan makanan seperti ikan, sayur-sayuran, dan buah-buahan.
Jangan lewatkan kesempatan ini untuk mengenalkan anak-anak dengan makanan tradisional. Seperti cenil, tiwul, ketan urab, dan sebagainya.
5. Mengikuti Holiday Program, Tidak ada waktu untuk menunjukkan minat saat sekolah berlangsung? Saat liburan, anak-anak dapat menemukan berbagai komunitas yang menarik. Kegiatan ini dapat membuka mata anak tentang berbagai jenis bakat, dan memungkinkan mereka berhubungan dengan teman sebaya yang memiliki minat.
6. Membuat Buku Cerita yang sama, Ajak anak untuk membuat buku cerita. Mereka bisa menulis apa yang mereka suka. Tambahkan di dalamnya gambar, atau benda-benda unik yang ditempel. Dengan ide asli anak kecil, tentunya.
Demikianlah SD Kanisius Kenalan Mengawali tahun ajaran 2024-2025 SD Kanisius Kenalan ditandai  dengan Rolikuran. Tradisi kecil  berpakaian Jawa dan membawa  pangan lokal. Tepa Slira menjadi pesan khusus dari Ki Suro Karsa yang membawakan tutur tinular. Tenggang
rasa, yang dapat merasakan  perasaan orang lain akan menciptakan kedamaian dalam komunitas. Mewujudkan sekolah yang  damai. Peace hill School.
Menyimak Cerita Insan Merdeka Republik Anak Kenalan  yang diterbitkan oleh Komunitas Lintang Menoreh Republik Anak Kenalan SD Kanisius Kenalan, yang terbit Sejak 2008, 16—31 Juli 2024, diperoleh berbagai kegiatan. Berikut sekelumit kegiatannya :
Hari Pertama Masuk Sekolah (Oleh Dhena kelas V):
Pada hari Senin, 22 Juli 2024 kami kembali masuk sekolah setelah libur kenaikan kelas. Saat pertama kali masuk sekolah saya merasa senang karena bisa bertemu teman-teman kembali. Saya merasa senang karena bisa bermain, bercerita, dan berbagi apapun yang kami punya. Saat di sekolah kami melakukan jagi bersama, menata dan membersihkan kelas, dan menyambut teman-teman baru kelas 1.Saat saya dan teman-teman kelas V membersihkan dan menata kelas, kami melihat ada rayap di balik lemari. Kami mengatakan ke Bu Lani untuk dibersihkan. Setelah dibersihkan kami menata barang di lemari. Setelah menata barang kami beristirahat. Setelah istirahat kami mengikuti rolikuran. Kami mendengarkan cerita dongeng yang dibawakan oleh Pak Suroto.
Rolikuran (Oleh Tyan kelas III):
Hari ini tanggal 22 Juli 2024 hari pertama masuk sekolah di kelas 3.  Di sekolah ada kegiatan rolikuran. Saya mengikuti rolikuran dengan  mendengarkan Pak Suroto bercerita. Ceritanya tentang macan yang
tertimpa kayu karena ulah monyet. Monyet pun ingin menolong macan  menyingkirkan kayunya. Dia pun bertanya pada macan, apakah kamu  mau memakanku? Macan menjawab, tidak. Tetapi saat akan   mengangkat kayunya monyet tidak kuat lalu dia pun meminta tolong  kepada gajah. Akhirnya kayu bisa disingkirkan dan macan pun selamat.  Jadi kita harus saling tolong menolong pada teman yang membutuhkan
Panen Cengkeh(Oleh Sella kelas VI):
Pada hari Sabtu, 20 Juli 2024 saya masih libur sekolah. Di rumah saya   hanya membersihkan rumah dan melakukan aktivitas lainnya. Saat hari  Sabtu pagi saya membersihkan rumah kemudian ikut Bapak memetik  cengkeh di ladang. Ladangnya dekat dengan wisata gunung Gondopurowangi. Di tengah perjalanan kami berhenti dan Bapak ngobrol dengan mas  Arif, simbah kakung dan mas Supri tentang cempe yang dimakan hewan.  Setelah itu kami melanjutkan perjalanan.
Saat sampai di ladang saya dan Marsel bermain sedangkan Bapak  memetik cengkeh. Saya dan Marsel bermain kejar-kejaran. Tak terasa waktu sudah berlalu. Saya capek karena lari terus. Akhirnya saya dan Marsel istirahat dulu di jalan. Setelah Bapak sudah selesai memetik cengkeh saya  pulang bersama Marsel. Sampai di rumah saya langsung cuci tangan dan  kaki. Setelah itu saya istirahat
Memetik Cengkeh (Oleh Maureen kelas IV) :
Selama liburan saya membantu mak’e menyapu, mengepel, melipat  selimut, dan menata barang yang berserakan. Saya juga membantu kakung  memetik cengkeh. Saya memetik cengkeh bersama mak’e dan kakung. Saat  itu saya mendapat banyak cengkeh. Saat pithil cengkeh saya juga ikut membantu pithily. Saat sudah pagi, cengkehnya langsung dijual di Pasar Jagalan.  Saat di Pasar Jagalan saya membeli daging ayam dan jajanan.
Menonton Jathilan (Oleh Brilly kelas IV):
Saat libur sekolah saya menonton Jathilan di rumah Mbah. Saya  menonton Jathilan dari awal sampai akhir. Babak pertama adalah babak  klasik. Di babak klasik ini ada penari yang kesurupan agak lama. Setelah  babak klasik selesai dilanjutkan babak putra. Di babak putra ini ada 6  penari yang tampil. Setelah babak putra selesai dilanjutkan babak gedruk.  Di babak gedruk ini dicampur dengan babak putra yang tadi. Kemudian  dilanjutkan dengan babak putri. Di babak putri ini ada penari yang kesurupan sampai jam 21.00. Acaranya sangat meriah. Saya sangat senang.
Berlibur    ke Jatim Park II (Oleh Ova kelas VI):
Pada saat liburan di Malang saya diajak oleh Papa  dan Mama pergi ke Jatim Park II yang terletak di daerah  Batu. Di sana terdapat wahana bermain banyak binatang.  Saat saya bermain wahana, saya merasa takut dan langsung berteriak. Tetapi saya tetap nekat untuk menaikinya. Setelah bermain, saya mengajak istirahat karena saya  lapar. Saya memesan nasi goreng. Lalu saya kembali  bermain dan mencari wahana yang nyaman. Saya  menemukan wahana kudanil terbang. Setelah itu kami menuju museum yang sangat besar. Di sana saya melihat kupu-kupu, kerang, dan patung  hewan. Saya juga melihat kupu-kupu dan serangga  lainnya yang diawetkan dan ditempatkan di tempat yang
aman. Menurut saya Jatim Park II adalah tempat wisata  paling menyenangkan yang pernah saya kunjungi.  Perasaan saya sangat senang walaupun kaki saya pegel  karena berjalan terus
Liburan ke Waterpark Jogja(Oleh Firly kelas V):
Saat liburan saya dan saudara saya pergi ke Waterpark Jogja. Liburan kali ini saya tidak pergi bersama orang  tua. Pagi-pagi saya bangun lebih awal lalu saya membangunkan saudara saya yang bernama Aila. Setelah Aila  bangun, kami cuci muka dan merapikan tempat tidur.  Lalu kami bermain sepeda mini trail yang harus diisi  bensin. Kami bermain sepeda mengelilingi rumah. Setelah itu kami makan nasi kuning. Setelah makan  kami mandi lalu ganti baju. Tidak lupa kami menyiapkan  baju ganti. Setelah semuanya siap kami berangkat naik  mobil. Di perjalanan tiba-tiba saya muntah. Sesampainya di Waterpark Jogja kami berfoto bersama dan membeli  tiket. Kami juga membeli pelampung yang bisa dinaiki  dua orang dan mencari tempat duduk. Saat kami datang  ada ombak buatan dan kami mencoba memakai pelampung. Ombak buatan ini hanya 20 menit. Setelah itu saya dan Aila mencoba permainan yang  menggunakan pelampung. Saya, Aila, mbak Hero dan  mbak Lia juga menaiki perosotan yang tinggi. Saat kami  mencoba sendiri saya sangat takut dan rasanya mau  menangis. Setelah puas bermain kami mandi lalu pulang.
Makan di Borobudur (Oleh Rensa kelas II) :
Saya baru ingat kalau mau diajak ke  Borobudur Saat sampai Borobudur saya makan di Dapur
Gending  Saya memesan udang dan cumi-cumi Saya makan sampai habis Lalu saya cuci tangan
Setelah itu menunggu mamak saya Setelah itu saya beli ayam goreng dan es  krim Sampai rumah saya makan lalu saya tidur.
Cabut Gigi(Oleh Gemma kelas IV) :
Saat liburan sekolah, saya cabut gigi di  Puskesmas Kalibawang. Saya berangkat dari  pagi. Saya pergi dengan Bapak dan mbak  Silvi. Sampai di Puskesmas saya mengantri.  Saat dipanggil saya langsung masuk ke ruangan poli gigi. Sebelum gigi saya dicabut,  saya diberi obat bius. Setelah cabut gigi,  saya makan es krim.
Membantu Nenek (Oleh Catherine kelas II):
Saya membantu nenek mengambil cengkeh   dan daun cengkeh Saya mendapat banyak cengkeh
Nenek saya juga mendapat banyak cengkeh Nenek saya sudah selesai Saya tidak ikut karena kakek saya belum  selesai mengambil cengkeh di pohonnya Sampai rumah saya langsung cuci badan
Lalu saya tidur siang Malamnya saya membantu mithili cengkeh Setelah mithili saya makan bersama ibu Setelah makan saya tidur bersama kucing  kecil bernama Manis Saat bangun tidur saya langsung melihat  kucing dan bermain
Wisata ke Gunungkidul (Oleh Nathan kelas V) :
Selama liburan saya dan keluarga saya pergi ziarah ke  Gunungkidul. Tempat yang pertama kali saya tuju adalah Gua  Bintang Samudra. Di sana saya bersama umat lingkungan Klangon  berdoa terlebih dahulu dan dilanjutkan ramah tamah. Di Gua  Bintang Samudra saya dan teman saya naik ke atas untuk melihat  rute jalan salib. Di sana juga banyak pohon jati. Setelah itu saya dan umat lingkungan Klangon melanjutkan  perjalanan menuju Pantai Kodok. Di pantai, saya dan teman saya  bermain pasir. Di pantai itu anginnya sangat kencang. Liburan kali  ini saya merasa sangat senang karena bisa ziarah bersama lingkungan Klangon. Setelah Setelah itu saya dan umat lingkungan Klangon melanjutkan  perjalanan menuju Pantai Kodok. Di pantai saya dan teman saya  bermain pasir. Di pantai itu anginnya sangat kencang. Liburan kali  ini saya merasa sangat senang karena bisa ziarah bersama lingkungan Klangon.
Republikana  merupakan Media Cerita Warga Republik Anak Kenalan. Koordinator Umum: YO Maryono, Koordinator Redaksi: Maria Danis, Redaktur Pelaksana: Wiji, Ghesa, Evan, Nugi, Gio,  Sella, Delo. Sekretariat: Komunitas Basis Lintang Menoreh, Jl. Jagalan—Suroloyo  km. 4 Wonolelo, Kenalan, Borobudur, Magelang. em@il: sdkanisiuskenalan@gmail.com  Informasi berlangganan hubungi Nara Hubung: 081225265039.
Susunan  pengurus Republikana No.12 Th. XVII, 16—31 Juli 2024 dengan menggunakan kata Kabinet Widji-Dello Periode Juli—Desember 2024. Presiden : Widji, Wakil Presiden : Dello, Sekretaris : Vira, Bendahara : Firly, Mentri Kebersihan : Angel, Mentri Kerohanian : Deo, Mentri Kesehatan : Daniel,Mentri Perpustakaan : Ova,Koordinator,(koord). Guyub Maryam : Evan, Koord. Pekarangan : Nugi, Koord. Kambing : Tyas, Satria, Adelio,Koord. Upcr dan Pram Dion, Nathan.Koord. Wiji Thukul : Michelle, Koord. Lintang Menoreh : Ghesa, Koord. Kembang Latar : Gilang, Koord. Batik : Sella, Koord. Tukang : Nugi, Koord. Boga : Nathan, Koord. Musik : Dhena, Koord. Gambar : Lisa. Koord. Blekothek : Gilang.
Mengamati dan memperhatikan susunan pengurus Repulikana ini,Saya Ringo penulis artikel ini teringat  akan “Citra Pendidikan” merupakan media komunikasi dan edukasi dikalangan muri-murid Perkumpulam Sekolah Kristen Jakarta (PSKD) dari tingkat SD, SMP, SMA, SMK di DKI Jakarta, dimana penulis ditahun 1976 menjadi guru di SMP PSKD Jl. Panglima Polim Kebayoran baru, sekaligus pengasuh  media “Citra Pendidikan” yang jauh sebelum itu ( Jurnalis ) di Berita Expres & Sumatera Expres di Palembang tahun 1975 (freelance).
Sehingga saya tertarik untuk mempublikasi berita SD Kanisius Kenalan ini, yang juga pernah saya publikasikan kegiatan sekolah ini,pada edisi 21 Jui 2024 dibawah judul “ Kegiatan Akhir Tahun Pelajaran 2023/2024 SD Kanisius Mlese Klaten berupa Karya Njenggirat Bergembira,Kamis 20 Junin 2024 “ dan edisi  26 Maret 2024 dibawah judul “ Rm Daniel  Vilanuea,SJ, Belajar langsung  di Sekolah Kanisius Cabang Magelang”,demikian juga pada edisi 26 Maret 2024 dibawah judul  ”Peringatan hari Air sedunia” serta edisi 17 Oktober  2023 dibawah judul  ” Gunungan Lan Lalap Njenggirat baik yang saya publikasi melalui Liputan Nusantara maupun melalui Media Suara Mabes. Sepanjang ada info tentang SD kanisius Kenalan,pasti akan saya respon, karena saya merupakan bagian yang tidak terpiahkan dari aspek Pendidikan, (sebab saya  Menjadi Guru 30 Tahun 8 Bulan-red.dari 1980 s.d 2010).Demikan ulasan Berita kegiatan liburan SD Kanisius Kenalan 2024. (Ring-o)
Baca Juga :  Wanita Katolik RI, Cabang Bandar Lampung Lakukan Sosialisasi Penanganan Lingkungan