Kelurahan Laksamana Gelar Gotong Royong Rutin di Kampung Wisata Pesisir

MediaSuaraMabes, Dumai – Kelurahan Laksamana, Dumai, di bawah kepemimpinan Lurah Sutino, menunjukkan komitmennya dalam menjaga kebersihan lingkungan dengan rutin mengadakan kegiatan gotong royong pemilahan dan pembersihan sampah di sekitar wilayah kelurahan. Pada bulan Maret 2024, kegiatan gotong royong telah dilaksanakan pada tanggal 14 dan 22, dan diikuti dengan antusias oleh warga setempat, meskipun di tengah bulan Ramadan.

“Kerja sama adalah kunci,” kata Lurah Sutino. “Bersama-sama, kita bisa membuat apa pun. Kita harus selalu bekerja sama: perangkat kelurahan, semua pihak yang terlibat di lingkungan Kelurahan Laksamana, dan warga. Saya jamin tempat tinggal dan lingkungan kita akan menjadi lebih baik dan lebih maju.”

Kegiatan gotong royong kali ini difokuskan pada Kampung Wisata Pesisir, yang merupakan kawasan unggulan Kelurahan Laksamana. Kampung ini telah meraih berbagai penghargaan, antara lain:

1. Kelurahan Terbaik se-Riau (November 2023)
2. 5 Besar Penilaian Lomba Regional I Sumatera (Juli 2023)
3. Juara 3 Regional I (Sumatera) pada Lomba Desa/Kelurahan (Lomdeskel) Tingkat Nasional (2023)
4. Penghargaan Kelurahan Cantik (Cinta Statistik) di Dumai (2022)

Pembersihan di area Kampung Wisata Pesisir memiliki tantangan tersendiri karena kawasan ini merupakan daerah mangrove yang sering menerima kiriman sampah dari Sungai Dumai dan laut. Lurah Sutino menekankan pentingnya gotong royong dan kerja sama semua pihak untuk menanggulangi permasalahan sampah ini.

“Jika kita bersama, tidak ada masalah yang tidak bisa kita selesaikan,” kata Lurah Sutino. “Jangan menyalahkan orang lain, karena ini adalah tanggung jawab kita bersama. Saya tidak bisa bekerja sendiri, begitu pula Ketua LPMK, Ketua RT, dan Warga. Kita semua harus bekerja sama dan bergotong royong untuk mencapai tujuan bersama, yaitu memajukan daerah kita, Kelurahan Laksamana.”

Baca Juga :  Kapolres Binjai Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat 55 Personilnya.

Kegiatan gotong royong ini merupakan contoh nyata semangat dan partisipasi masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan. Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan, khususnya di kawasan Kampung Wisata Pesisir. Lurah Sutino menegaskan komitmennya untuk melanjutkan kegiatan ini secara rutin.

“Kegiatan gotong royong ini akan diadakan dua kali setiap bulan,” ujar Lurah Sutino.

Semangat Lurah Sutino dalam mendorong sinergi antara masyarakat dan pemerintah daerah dalam menjaga kebersihan lingkungan patut diapresiasi. Pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan gotong royong ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi masyarakat lainnya, dan tidak hanya berhenti pada kegiatan sekali saja. Dengan menjadikan gotong royong sebagai agenda rutin di kelurahan, diharapkan terjalin komunikasi yang baik antar masyarakat dan tercipta lingkungan yang sehat untuk semua.

(ErikBanjar)

Comment