Kepedulian Terhadap Lingkungan, Babinsa Kodim 1209-03/Sry Tanam Mangrove Bersama Warganya

MediaSuaraMabes, Bengkayang – Penanaman mangrove di pesisir pantai tepatnya di Dusun kembang Sari,Desa Karimunting. Kecamatan Sungai raya Kepulauan,yang dilakukan Sertu Sugiyanto Babinsa Koramil 1209-03/Sry, bersama warga binaan merupakan salah satu bentuk upaya kepedulian terhadap kelestarian lingkungan. Sabtu (2/3/2024).

Kegiatan penanaman mangrove ini menjadi salah satu media yang baik bagi Babinsa Sertu Sugiyanto untuk turut berkontribusi dalam upaya perlindungan lingkungan khususnya daerah pesisir dari bencana abrasi.

“Tanaman mangrove memiliki akar yang kuat sehingga baik untuk mencegah abrasi pantai. Selain berfungsi sebagai tanaman pelindung, mangrove diketahui memiliki beberapa manfaat lain di antaranya sebagai bahan alami pewarna batik yang ramah lingkungan,”kata Babinsa.

“Diharapkan kepedulian kita semua terhadap lingkungan khususnya masyarakat sekitar dengan merawat pohon mangrove yang telah ditanam bisa tumbuh dengan baik sehingga penghijauan di pesisir bisa terwujudkan,”imbuhnya.

Bapak Dani kepala dusun Kembang Sari, yang ikut dalam penanaman mangrove menambahkan bahwa masyarakat nelayan sudah mengerti dan memahami akan manfaat kegunaan tanaman mangrove.

“Masyarakat nelayan sekitar mulai peduli dengan tanam mangrove, hal ini ditunjukkan dari tanaman mangrove bisa tumbuh dengan baik dan yang ditanam tidak ada yang rusak atau mati.”tutup Kadus Kembang Sari. (Pendim 1209/Bky)

(Hepni JK)

Baca Juga :  Babinsa Bulak Baru Dampingi Bidan Desa, Salurkan Bantuan Susu gratis Bagi Ibu Hamil, Upayakan Penurunan Angka Stunting

Comment