Tanggap Darurat Banjir Bandang Jorong Sungai Rangeh Nagari Bayua Berakhir 22 Desember

MediaSuaraMabes, Agam – Bencana tanah longsor lokasi Jorong Sungai Rangeh Nagari Bayua Kabupaten Agam masih membutuhkan bantuan pangan, sandang dan obat – obatan.

BPBD Agam dan masyarakat Wali Nagari Bayua serta relawan mendirikan Posko dan dapur umum di kantor Wali Nagari bayua, Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam, Sumbar, Minggu (17/12-2023).

Banjir Bandang dan Tanah Longsor yang terjadi mengakibatkan kerusakan 2 Rumah hanyut, 10 Rusak Berat, 3 Rusak Sedang, 21 Rusak Ringan, 1 Mushola Taqwa Muhammadiyah Hancur, serta 1 TK PAUD hancur.

KSB (Kelompok Siaga Bencana) selaku relawan Nagari Kecamatan Tanjung Raya Kab. Agam Sumatera Barat mengatakan, pada Kamis 7 Desember 2023 Pukul 18.30 wib, akibat cuaca hujan lebat di wilayah kabupaten. Agam, Sumbar mengkibatkan Banjir Bandang. “Kita bersama Tim BPBD sudah turun sejak 7 Desember 2023.

Kepala bidang BPBD Kab. Agam Ichwan Pratama Danda, S.STP, M.T, Cepat tanggap dalam menangani bencana banjir bandang, dalam cuaca hujan pun turun langsung bersama Camat Tanjung Raya Roza Syafdefianti, S.STP, M.Sc, dan Wali Nagari Bayua Hadi Fajrin, SHI di jorong sungai rangeh Nagari Bayua,” Ujar Camat.

Hari ini, sejak banjir bandang di Nagari Bayua tepatnya di Jorong Sungai Rangeh Tim relawan KSB Nagari tanjung Raya kab. Agam, Sumbar belum berhenti untuk turun ke lapangan, tanggap darurat berakhir Sampai 22 Desember 2023, Dapur Umum Nagari Bayua sudah menyalurkan nasi bungkus sebanyak 250 bungkus hari ini.

Kebutuhan Korban Bencana Bandang Jorong Sungai Rangeh Nagari Bayua,
1.Air minum/Mineral
2.Bahan Makanan (Cabe Bawang, Sayuran)
3.plastik Sampah/Tong Sampah
4.Minyak Goreng
5.Selimut
6.Alat – alat Mandi (Handuk, Sabun, Odol, Sikat Gigi)
7.Beras
8.Telur
9.Obat – obatan
10.Matras
11.Tikar
12.Pampers
13.Mie Instan

Baca Juga :  Sinergi Pusat dan Daerah untuk Peningkatan Pembangunan di Provinsi NTT

“Kami berharap bantuan uluran tangan kepada Ayahanda, Ibunda Serta para dermawan di mana pun berada yang ingin menyalurkan bantuan langsung ke posko bencana di kantor wali nagari bayua, Kecamatan Tanjung Raya Kab. Agam Sumatera Barat,”ujar wali Nagari Bayua.

Camat Tanjung raya menghimbau masyarakat terdampak bencana longsor selalu waspada,dan turun saat malam,di karena kan cuaca sering turun hujan deras.

Dapur umum di koordinir oleh ibu jorong dan ibu ibu senam dari kantor camat tanjung raya, “warga masih trauma kembali ke rumah masing masing karena cuaca kurang bersahabat, tanggap darurat berakhir 22 Desember 2023, logistik yang tersedia tidak memadai, semoga donatur dan anak rantau segera membantu warga yang terdampak bencana.” Pungkas Camat Tanjung Raya. (Meri/Riyan dan Yose)

Comment