Jum’at Curhat, Polsek Baitussalam Menghimbau Nelayan dan Warga Antisipasi Rohingya Susulan

MediaSuaraMabes, Aceh Besar – Kapolsek Baitussalam Iptu Endang Sulastri.,S.H beserta Personil Polsek Baitussalam menggelar kegiatan Jumat Curhat bersama Panglima Laot Kuala Gigieng desa Lambada Lhok, Ketua Teupin Mon Singet Gampong Kajhu dan Nelayan yang dilaksanakan di Balai Nelayan Gampong Lambada Lhok Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar, Jumat (15/12/2023).

Kapolsek Baitussalam menyampaikan, kegiatan yang di laksanakan oleh Polsek Baitussalam merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan untuk menampung, menyerap dan mendengarkan keluhan dan saran dari masyarakat serta sebagai bentuk kepedulian Polri terhadap masyarakat yang ada di wilayah hukum Polsek Baitussalam.

Dimana kata Kapolsek Baitussalam dengan adanya kegiatan Jumat Curhat ini diharapkan terjalinnya kerjasama yang baik antara polisi, Panglima Laot Kuala Gigieng, Ketua Teupin Mon Singet dan nelayan dalam menjaga keamanan bersama, cipta situasi kondusif dan antisipasi mendaratnya pengungsi Rohingya.

Kapolsek Baitussalam juga menghimbau agar para nelayan yang aktif maupun pasif melaut agar terus memonitoring kapal pengungsi Rohingya yang mengarah ke wilayah Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar.

Untuk menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif demi kenyamanan bersama kita semua harus saling membantu memberikan informasi sekecil apapun, khususnya terkait kedatangan maupun penampakan kapal pengungsi Rohingya, “ujarnya.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pak Keuchik Gampong Lambada Lhok , Panglima Laot Kuala Gigieng Gampong Lambada Lhok, Ketua Teupin Mon Singet Gampong Kajhu dan seluruh yang telah hadir dalam rangka bersilaturahmi , berkomunikasi , saling berkoordinasi, dan berbagi informasi terkait situasi nelayan dan juga perkembangan situasi terhadap pengungsi Rohingya yang kemungkinan akan mendarat di wilayah tepi pantai dalam Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar.

Syahabuddin Panglima Laot Kuala Gigieng mengatakan saya akan selalu aktif berkoordinasi dan membuat hubungan yang baik dengan Pihak Kepolisian Sektor Baitussalam dan apabila melihat kapal pengungsi Rohingya untuk segera memberitahukan atau langsung menghalau, menolak dan mengarahkan jangan sampai mereka memasuki wilayah Kuala Gigieng khususnya dan wilayah Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar pada umumnya.

Baca Juga :  Penyaluran bantuan sosial bagi masarakat terdampak pasca kenaikan BBM di wilayah hukum polsek seponti polres kayong utara

Pada kesempatan ini saya juga menyampaikan kepada Kapolsek Baitussalam bahwa saya sebagai Panglima Laot Kuala Gigieng sudah memberikan petunjuk, arahan dan perintah terhadap nelayan agar dapat terus memantau kapal yang dicurigai sebagai kapal pengungsi Rohingya,” tambahnya.

Apabila kapal pengungsi Rohingya sempat mendarat di tepi pantai wilayah Kuala Gigieng Gampong Lambada Lhok Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar, maka pihak Pemerintahan Gampong Lambada Lhok dan Panglima Laot Kuala Gigieng akan menampung / menempatkan mereka di Gedung Kantor Panglima Laot / Gedung TPI Lambada Lhok.’ tambahnya lagi.

Ucapan terima kasih kepada Kapolsek Baitussalam beserta anggotanya yang sudah menggelar Jumat curhat hari ini yang kita laksanakan di Balai Nelayan Gampong Lambada Lhok untuk berkomunikasi saling curhat, dan berbagi informasi tentang pengungsi Rohingya,” tutup Syahabuddin.

(TH)

Comment