Bawaslu Garut : Rakor Untuk Meningkatkan Kapasitas Kemampuan Pengawasan Anggotanya

MediaSuaraMabes, Garut Jabar – Rapat koordinasi dilaksanakan Bawaslu Garut dalam hal pengawasan logistik pemilu tahun 2024, rakor tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kemampuan pengawasan anggotanya ditingkat Kecamatan dan Desa, melalui Panwaslu Kecamatan Pamulihan pada Rabu beberapa waktu lalu, Kamis (14/12/2023).

Ketua Panwaslucam Pamulihan, Asep Rahmat Sofyan menyampaikan, Kami jajaran Panwalucam sengaja mengundang PPK, Forkopimcam dan Stakeholder membahas secara teknisnya bagaimana untuk tujuan logistik pemilu dipastikan aman. Kami pengawas pemilu harus memastikan bahwa logistik pemilu aman bisa terdistribusikan sampai ke semua TPS di se-Kecamatan Pamulihan dan dapat tersalurkan kepada semua hak pilih. Kami Panwaslucam dipastikan akan terus mengawal bersama Forkopimcam, TNI dan Polri,

Pada kesempatan tersebut, Camat Pamulihan menyampaikan terimakasihnya atas koordinasi kolaborasi yang dibangun Panwaslu dan Forkopimcam agar bagaimana supaya setiap tugas dan tanggung jawab yang diberikan kepada kita bisa diselesaikan sesuai dengan targetan pimpinan masing-masing.

Pengawasan logistik pemilu saya kira sangat penting, karena salahsatu mata rantai dari simpul-simpul titik rawan daripada pemilu adalah di logistik bisa kita bayangkan Ketika logistik yang berisi surat suara yang masih utuh diperjalanan ada gangguan dan sebagainya tentu ini yang tidak kami harapkan.

Terutama wilayah kita Pamulihan tentu Forkopimcam dengan segala suberdaya yang ada akan terus berupaya mengawal pemilu berjalan pada koridornya sesuai ketentuan yang berlaku, untuk itu saya harap nanti kita koordinasikan teknik pengawalan dan sebagainya.

Karena tugas Panwas adalah salah satunya memastikan setiap tahapan pemilu tepat waktu, tepat sasaran dan efektif serta efisien. Saya kira kunci utamanya ini barada di PPK, tentu kita dukung, kita bantu karena kita memiliki tanggung jawab masing-masing, kita selalu siap untuk bersinergi mengawal pemilu yang Luber, Jurdil, kata H.Robiul.

Baca Juga :  Maman Suratman Daftar Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) Provinsi Kalbar dari Partai Ummat

“Dalam giat yang dilaksanakan tersebut dihadiri Camat Pamulihan H.Robiul Awaludin,S.Sos,.M.M., Danramil Koramil 1122 Pakenjeng, Kapolsek Pamulihan”.

Sementara itu Danramil 1122 Lettu Infanteri Cacu Ruswandi menyampaikan terima kasihnya kepada Bawaslu juga kepada pihak penyelenggara pemilu, Jadi mungkin kita bisa bekerja sama dengan Camat, Kanit lntel Polsek Pamulihan, pada kondisi-kondisi sekarang menjelang pemilu ini.

Kami akan agak sering berkomunikasi, supaya suasana kondusif terjaga hingga pemilu selesai, Kalau disimak dari pak Camat kita harus inten berkomunikasi apalagi wilayah kita yang luas, kami akan komunikasikan lebih lanjut, dengan Forkopimcam juga Bawaslu. Setiap pengawasan harus ada pengawalan Babinsa dan Bhabinkamtibmas karena kita fokus kepada keamanan, kata Danramil.

Ketua PPK Saepuloh, S.Pd Kecamatan Pamulihan menyampaikan terima kasihnya kepada jajaran Panwascam yang senantiasa bisa berkolaborasi dengan PPK. terimakasih semoga kita bisa bersama-sama melaksanakan kegiatan pemilu ini dengan lancar, aman dan damai, terkait logistik pemilu kami akan selalu berkoordinasi dengan pihak Panwalucam Pamulihan, Kecamatan, Polsek dan Koramil.

Diwilayah PPK Kecamatan Pamulihan ada beberapa daerah yang rawan dan sangat rawan menurut saya, tetapi yang sudah-sudah dilaksanakan selalu berkomunikasi dan kerjasama dengan pihak Polsek, kami PPK selalu Kerjasama dalam mendistribusikan logistik pemilu kearah Panwa terminal Cileuleuy dan Cisarua yang medannya cukup berat.

Bripka Yayan Suryana, PS Kanit IK Polsek Pamulihan menyampaikan, Berkaitan dengan pendistribusian logistik pemilu, untuk wilayah Pamulihan tidak ada kendala. Kontrol dan penjagaan terhadap logistik tentunya kami akan bekerjasama juga dengan Koramil dan Satpol PP.

Hanya mungkin daerah Cisarua saja, selain wilayahnya paling jauh juga medannya yang cukup sulit. Selain itu juga harus melewati wilayah Kabupaten Bandung dahulu. Namun demikian Insya Allah kami dari pihak Polsek dan Koramil sudah biasa menyiapkan kendaraan untuk pendistribusian logistik pemilu ke TPS-TPS terjauh, ujar Yayan.

Baca Juga :  Amin Rais Sidak Partai Ummat Medan

(redMSM).

Comment