Batuud Koramil 04/Pecangaan; Peran Penting Linmas Dalam Menjga Ketertiban Pemilu Tahun 2024 Mendatang

MediaSuaraMabes, Jepara – Dalam rangka menghadapi Pemilu Tahun 2024, Pemerintah Kecamatan Pecangaan, Kabupaten Jepara, menggelar sosialisasi kesiapsiagaan Linmas di Pendopo Kecamatan Pecangaan, Kamis, (26/10/2023).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Forkopincam Pecangaan, Danramil 04/Pecangaan yang diwakilkan Batuud Pelda Sutarman dan anggota Linmas se-Kecamatan Pecangaan.

Batuud Koramil 04/Pecangaan Pelda Sutarman selaku narasumber dalam kegiatan sosialisasi kesiapsiagaan Linmas dalam menghadapi pemilu tahun 2024 mengatakan peran Linmas sangat penting dalam menciptakan pemilu yang aman, damai, dan sukses.

“Untuk itu, melalui sosialisai ini, TNI-Polri dan juga Linmas dapat memberikan pemahaman tentang peraturan hukum terkait pemilu kepada masyarakat untuk tidak melakukan pelanggaran,” kata Batuud.

lanjutnya, penyuluhan kamtibmas juga harus melibatkan aspek pencegahan konflik. Salah satunya mengindari provoksi, sikap toleransi dan perbedaan pendapat serta demokratis. Ini akan membantu mengurangi potensi terjadinya konflik antar warga dalam konteks politik.

Selain itu, Linmas memiliki peran penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama pemilu jangan sampai terjadi gesekan karena berbeda pandangan dan pilihan.

“Apalagi, di era digital, media sosial memiliki peran besar dalam pemilu. Oleh karena itu, dengan kegiatan ini Linmas dapat memberikan penyuluhan tentang penggunaan media sosial yang bijak dan bertanggung jawab,”ungkap Batuud.

Ditambahkan, hal ini meliputi pentingnya memverifikasi informasi sebelum menyebarkannya, menghindari penyebaran ujaran kebencian, serta menghindari penyebaran hoaks atau informasi yang tidak diverifikasi. (Pendim 0719/Jepara).

Red SPR

Baca Juga :  Babinsa Koramil 422-03 Pesisir Tengah Monitoring Jembatan Hampir Putus Di terjang Banjir Di Pekon Laay

Comment