Danrem 152/Baabullah Lepas Purna Tugas Satgas Pamrahwan Yonarhanud 3/YBY

MediaSuaraMabes, Malut – Korem 152/Baabullah, menggelar Upacara Pelepasan Purna Tugas Ops Satgas Pengamanan Daerah Rawan (Pamrahwan) Maluku Utara Yonarhanud 3/YBY di wilayah Maluku Utara yang berlangsung di Dermaga Pelabuhan Ahmad Yani Kota Ternate, Maluku Utara, Kamis (28/09/2023).

Danrem 152/Baabullah, Brigjen TNI Elkines Villando Dewangga K., S.AP selaku Dankolakops Rem 152 Satgas Pamrahwan Maluku Utara memimpin upacara Pelepasan Purna Tugas Ops Satgas Pengamanan Daerah Rawan (Pamrahwan) Maluku Utara Yonarhanud 3/YBY

Dalam amanatnya, Danrem menyampaikan, ” Tugas kalian sebagai Satgas Ops Pamrahwan di wilayah Maluku Utara telah berakhir. Saya selaku Dankolakops Rem 152/BBL, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada segenap prajurit Satgas dari Yon Arhanud 3/YBY yang telah melaksanakan tugas pengamanan daerah rawan di wilayah Maluku Utara dengan baik, berhasil dan tuntas.

Kegiatan pembinaan teritorial dan komunikasi sosial yang telah kalian laksanakan berhasil merebut hati masyarakat, sehingga masyarakat memiliki kesadaran dan secara sukarela menyerahkan senjata api kepada kalian.

Berdasarkan laporan, kalian berhasil memperoleh 137 pucuk senjata, 34 buah bahan peledak, 577 butir munisi, 2 pucuk mortir, serta 3 buah campuran magazine, laras dan kelongsong munisi mortar yang beredar dimasyarakat. Kalian juga berhasil menjaga dan menciptakan situasi keamanan di wilayah Maluku Utara yang aman dan kondusif. Namun dengan capaian tersebut, jangan sampai membuat kalian lupa diri dan larut dalam kegembiraan yang dapat menyebabkan kalian lengah dan hilang kewaspadaan, sehingga kalian lupa untuk belajar dan berlatih di satuan karena panggilan tugas bagi seorang prajurit tidak akan pernah berakhir, bahkan ke depan akan semakin berat dan kompleks,”tegasnya’.

Selain itu juga saya memberikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan pembinaan territorial dengan program unggulannya yaitu Air Nusantara yang memberikan bantuan alat penyuling air untuk dipergunakan masyarakat mendapatkan air layak konsumsi secara gratis

Baca Juga :  Antisipasi Penyebaran Covid-19, Babinsa Koramil Wayabula Dampingi Petugas Puskesmas Lakukan Swab Antigen Kepada Penumpang Kapal

Selain itu juga dalam bidang pertanian yaitu pemberian pupuk organik Bios-44 serta mengembangkan penghemat BBM yang diberi nama De Four Up. Seluruh program tersebut menunjukan rasa kepedulian yang tinggi Satgas untuk membantu kesulitan rakyat disekelilingnya.

Selama dalam perjalanan kembali ke home base agar memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan. Setibanya kalian di home base, segera menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi di satuan serta lakukan konsolidasi internal terhadap tugas yang telah dilaksanakan dan Sampaikan salam hormat saya kepada keluarga besar kalian.

Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah, TNI/Polri dan stakeholder lainnya serta segenap masyarakat Maluku Utara atas kerjasama dan dukungannya kepada Satgas Pamrahwan Maluku Utara Yon Arhanud 3/YBY, sehingga dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Untuk Satgas ini tidak ada pergantian dari satuan diluar Kodam XVI/Pattimura namun akan diisi dari satuan organik Korem 152/Baabullah sejumlah 500 personel.

Kerjasama yang baik seperti ini agar terus kita pelihara dan tingkatkan, sehingga senantiasa terwujud rasa kebersamaan dan persaudaraan yang kuat dalam rangka menciptakan situasai wilayah Maluku Utara yang aman dan kondusif, “tutup Danrem”.

Turut hadir, Gubernur Provinsi Maluku Utara diwakili, Kapolda Maluku Utara diwakili, Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku Utara, Kabinda Maluku Utara, Kepala Kejaksaan Tinggi di Wakili, Kepala BNN Maluku Utara diwakili, Danlanal Ternate, Danlanud Morotai diwakili, Sekda Kota Ternate, Kasrem 152/Baabullah, Dansat Brimob Polda Malut, Para Kasi Korem 152/BBL, Dandim 1501/Ternate, Kapolres Ternate, Ketua Persit KCK Koorcab Rem 152 PD XVI Pattimura beserta Pengurus Persit, Para Dansat/Balakrem, Kepala KSOP Ternate, Kepala ASDP Ternate, Kepala Pelindo Ternate, Kepala Pertamina Ternate.

Comment