Kepala Dinas PUPR Turun Lapangan Untuk Memastikan Pembangunan Pekerjaan Peningkatan Jalan Di Sp 6 jalur 13 Berjalan Dengan Baik

MediaSuaraMabes, Manokwari Papua Barat – Kepala dinas pekerjaan umum dan perumahan rakyat ( PUPR ) kabupaten Manokwari turun lapangan ( Turlap ) langsung memeriksa pembangunan pekerjaan peningkatan jalan ,tepatnya yang berada di sp 6 jalur 13 kabupaten Manokwari Provinsi Papua Barat. Sabtu, ( 16 / 9 / 23.)

Emba Rantelino selaku kepala dinas PUPR kabupaten Manokwari mengatakan bahwa untuk pekerjaan peningkatan jalan tepatnya di sp 6 jalur 12 kabupaten Manokwari saat ini sudah di tahap pekerjaan sekitar 40 sekian %.Dikarenakan masih ada sepanjang 400 sampai 500 meter harus ada lapisan pondasi A , kemudian setelah itu kita aspal semua.

Jadi target pekerjaan peningkatan jalan untuk ruas jalur 13 ini sampai pengaspalan dan adapun beberapa titik kami buat saluran untuk mengamankan badan jalan.” Kata Emba.”

*Emba Menambakan bahwa,didalam alokasi penganggaran khususnya dana DAK, kebetulan untuk SP 6 jalur 12 ini yang kemudian menurut masyarakat ditempatkan di jalur 13 itu ada pada stematik yang disebut tematik peningkatan konektivitas dan elektrifikasi daerah afirmasi atau biasa dikenal dengan tematik tiga.

Adapun maksud dari DAK ini adalah ketika menuju daerah afirmasi yaitu daerah yang dikategorikan masih Ter isolir, ada dipinggiran,perbatasan termasuk diantaranya adalah daerah transmigrasi.

Nah mengapa ini mendapat perhatian karena daerah transmigrasi adalah salah satu kawasan permukiman yang memang masyarakatnya menggeluti kehidupan sektor pertanian sangat menunjang perekonomian masyarakat sehingga mendapat perhatian.

Kalau kita sekarang mengamati ruas yang ada ini memang tujuannya bukan masuk kepermukiman tetapi membuka akses-akses sehingga, para transmigran yang ada. Mampu mengakses baik lahan-lahan perkebunan atau lahan-lahan persawahan sehingga potensi-potensi yang ada bisa kemudian disalurkan.
Kalau hari ini kita melihat yang ada memang akses masuk kelahan perkebunan tidak ada, inilah yang membuat masyarakat kemudian tidak berminat untuk menggarap mereka punya lahan.”Ucapnya.

Baca Juga :  Bupati Humbahas Launcing Festival Raja Sisingamangaraja Tahun 2022

“Lanjut Emba.” Harapan pemerintah kabupaten melalui Dinas PUPR kita berharap bahwa setelah jalan ini jadi, semua masyarakat yang memiliki lahan atau perkebunan yang ada disepanjang jalan ini kemudian kembali beraktifitas meningkatkan perekonomian keluarga tetapi lebih khusus lagi untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dimanokwari Khususnya.

Dan juga mempermudah akses sibilitas , mempermudah mobilitas petani didalam menyalurkan hasil pertanian maupun hasil perkebunan.”Tutupnya.”

( Adi Manopo )

Comment