Barista Cantik Ternyata Suka Bertinju

MediaSuaraMabes, Muntok – Pertina Kabupaten Belitung Timur akhirnya mampu menyumbangkan medali emas untuk Kabupaten Beltim pada Pekan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung tahun 2023 di Bangka Barat. Emas pertama itu diperoleh dari Rosiana (22) atlet tinju yang juga berprofesi sebagai barista.

Rosiana memperoleh emas setelah berhasil mengalahkan Miranti atlet Tinju Bangka Selatan pada kelas 57 kg pada pertandingan di Lapangan Gelora Muntok Bangka Barat, Minggu (27/8/23) Malam.

Rosiana sehari-hari merupakan barista di Cafe ‘Kursi Kayu’ Depan Pos Lantas Dispensasi Desa Kurnia Jaya Manggar. Ketertarikannya bertinju saat diajak oleh Pelatih Tinju Minggus.

“Awal masuk ke Tinju tahun 2018 lalu, seusai lulus SMA langsung diajak latihan tinju. Alhamdulillah sekarang banyak peningkatan teknik dan stamina,” ungkap Rosi kepada Diskominfo Beltim.

Lantaran tak banyak atlet putri yang ingin masuk tinju, bagi Warga Desa Kelubi itu merupakan peluang. Untuk itulah Rosi mulai serius menekuni dan berlatih tinju.

“Peluangnya gede dapat medali, ini Porprov Pertama yang diikuti. Kan dak banyak cewek-cewek yang mau ikut bertarung di ring,” kata Rosi.

Yang menarik dari tinju menurut Yosi, saat bertinju Dia dapat menyalurkan emosi serta segala emosi yang ada.

“Suka tinju seru aja dapat berkelahi tapi dapat medali, bisa melampiaskan amarah, emosi sama lawan di atas ring. Kalau yang semalam (tanding final) gak pakai emosi pakai otak,” ujanya tersenyum.

Meski tak takut bertinju, tak sedikit luka atau memar yang pernah didapat Rosi saat bertanding. Bahkan gadis yang mengaku masih singel ini pernah pusing seharian karena kena hook up.

“Pernah pusing hampir 24 jam gara-gara dapat hook. Walau pakai pengaman pas bertinju tapi tetap wajah depan hidung bisa atau mata bisa cedera, pokoknya babak belurlah,” beber Rosi.

Baca Juga :  Kab.Toba .Balige Sumut Juara 1 Naional kelas 60 kg Putra & kelas bebas Putri pada Kejurnas Full Contact "Rood To Karate KyokushinRyu World Championship 2023" Toba

Selain itu yang paling berat dari Tinju adalah saat latihan, di mana untuk melatih fisik dan teknik terkadang harus melalui latihan yang berat.

“Apalagi pas dua bulan jelang keberangkatan kami ke Potprov, pelatih Soleh ngasih latihan berat dari pagi ke sore. Serasa kayak disiksa,” kenang Rosi.

Namun lebih dari itu, banyak pengalaman menyenangkan yang didapat putri bungsu dari dua bersaudara ini saat masuk ke dunia tinju. Mulai dari dapat keluarga baru hingga jalan-jalan ke luar daerah.

“Orangnya asyik-asyik, seru serasa keluarga. Terus banyak pengalaman baru saat jalan-jalan keluar itu traning atau pelatihan dan uji tanding,” kata Rosi.

Dia berharap ke depan akan banyak atlet tinju Putri yang lahir asal Kabupaten Beltim mengingat selama ini banyak perempuan yang takut untuk bertinju.

Comment