PT Kristalin Ekalestari, Siap Bangun 28 Unit Rumah Layak Huni Tipe 57 Bagi Masyarakat Kampung Nifasi Pemilik Hak Ulayat

MediaSuaraMabes, Nabire – Masyarakat Desa Nifasi, Distrik Makimi, Kabupaten Nabire, Papua Tengah yang belum memiliki rumah rencananya akan dibuatkan rumah baru. Tak hanya itu, warga yang sudah memiliki rumah juga akan mendapatkan pembedahan agar rumah yang dihuni bisa lebih layak.

Pembangunan ini akan dilakukan oleh perusahaan tambang emas PT Kristalin Ekalestari. Humas PT Kristalin Ekalestari,

Maria Erari dalam keterangannya saat di konformasih awak media kamaimengatakan” total ada 28 unit rumah yang dibangun dan lima rumah yang akan dibedah. Proses pembangunan akan dilakukan secara bertahap.

“Prioritas masyarakat yang tidak punya rumah dan merenovasi (bedah rumah-red) rumah tidak layak dihuni jadi layak huni,” ungkap Maria, Senin (21/8/2023).

Maria menambahkan, 28 rumah yang dibangun bertipe 57 dan akan dibangun dengan spesifikasi bangunan rumah tapak full bangunan, dilengkapi dua kamar tidur dan kamar mandi.

“Untuk pembangunan rumah kampung nifasi tidak terkecuali tetapi masyarakat keseluruhan dan prioritas masyarakat yang tidak punya rumah dan merenovasi (bedah rumah-red) tidak layak dihuni jadi layak huni oleh PT Kristalin Ekalestari,” ungkap Maria Erari dikonfirmasi

Selain itu lanjut Maria, sekira lima rumah bangunan akan dilakukan renovasi (Bedah rumah) yang tidak layak huni terhadap masyarakat.  “Kami lakukan pendataan melibatkan masyarakat Desa Nifasi siapa saja yang belum memiliki rumah dan ditemukan tidak layak huni. Dari hasil pendataan kami ada klasifikasinya ada yang sudah keluarga, dan kedua masyarakat tidak mampu diprioritaskan,” ungkapnya.

“Rencana untuk pembangunan rumah baru satu rumah itu estimasi pembangunan sekitar 1 bulan prosesnya bertahap yaa,” sambung Maria.

Sementara selaku Kepala Suku kampung Nifasi Aser Monei mengatakan”, sebagai kepala suku dan mewakili masyarakat di Desa Nifasi pihaknya sangat berterima kasih kepada PT Kristalin Ekalestari berkat kehadiran mereka masyarakat di Kampung Nifasi terbantu dari secara ekonomi.

Baca Juga :  Hardi Alam Praja Menang Mutlak di Pilkades Desa Baturaja

“Harapan masyarakat pihak PT Kristalin Ekalestari untuk tetap melanjutkan program-program baik dan kami Sepenuhnya bangga perusahaan telah membantu nyata di kehidupan kami terima kasih semoga tuhan yang membalas,” terang Aser Monei.

Ia juga menambahkan dari aspirasi warga, masyarakat Desa Nifasi membutuhkan bantuan bis sekolah dikarenakan para pelajar tingkat SMP, SMA dan SMK sangat jauh dari lokasi desa.

Comment