Gelar Audensi Bersama Dindukcapil, IPJT Banyumas Soroti Layanan Publik Kurang Maksimal

MediaSuaraMabes, Banyumas — Sekretariat Bersama (Sekber) Insan Pers Jawa Tengah (IPJT) DPC Kabupaten Banyumas, mendadak bersilaturrahmi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil). Kegiatan tersebut juga berkaitan akan diadakannya audiensi bersama yang diadakan di kantor Dindukcapil, yang terletak di Jl. Jend.Soedirman Nomor. 320 A Purwokerto.

Kedatangan beberapa pengurus Sekber IPJT DPC Kabupaten Banyumas tersebut itu, disambut oleh
Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Retno Murtiningsih, yang didampingi Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan, Tulus Widodo, dan Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan, Ashar Nazarudin, di Aula Dindukcapil. Rabu, (2/08/2023).

Dikesempatan itu, Kepala Dindukcapil Kabupaten Banyumas, Drs. Hirawan Danan Putra melalui Retno Murtiningsih menyampaikan, ucapan terima kasih dan selamat datang atas silaturahminya dan hari ini kebetulan pak Kepala Dinas sedang ada tugas diluar.

“Kami mewakili Pak Kepala Dinas untuk menyambut kehadiran rekan IPJT Banyumas, sesuai dengan maksud dalam surat pemberitahuan dari rekan IPJT Banyumas” kata Retno Murtiningsih.

Mengawali maksud Audensi yakni Saelan selaku Kabid Kaderisasi Sekber IPJT DPC Kabupaten Banyumas, Dia menanyakan terkait keluhan warga dalam layanan pembuatan berupa KK, E-KTP,
Akte kelahiran dan Akte kematian, yang dahulu pernah dilakukan ditingkat kecamatan.

“Namun untuk pembuatan akte kelahiran dan Kartu keluarga (KK) pemohon tetap harus sampai di pelayanan kantor Dindukcapil sehingga harus antri butuh waktu yang cukup lama bahkan satu hari kadang belum juga selesai”, tuturnya Saelan.

Kemudian pertanyaan itu dijawab dan dijelaskan oleh Ashar Nazarudin, bahwa teknis sistem online dengan berbagai kendala dari tahun 2019 hingga kini tahun 2023, baik dari sisi teknologi, berkas persyaratan yang harus disiapkan oleh pemohon berkas administrasi kependudukan melalui online, dan ataupun offline, jelasnya.

Baca Juga :  Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Lampung Gelar Apel Siaga SAR Khusus Angkutan Lebaran 2022

“Semua kendala yang terkait dengan proses permohonan berkas tentang Kependudukan dari masyarakat kepada Dindukcapil, semua ada solusinya melalui tahap demi tahap dengan terlebih dahulu menyiapkan berkas persyaratannya yang maksimal, baik secara online maupun offline”, ungkapnya.

Dilanjut dengan sambutannya Aris Sutijono Ketua Sekber IPJT DPC Kabupaten Banyumas mengucapkan, terima kasih surat audensi sudah diterima dan hingga bisa diselenggarakan Audensi pada hari ini.

“Adanya pertemuan ini, semoga kedepan bisa terjalin secara intens antara IPJT dengan Dindukcapil, tentunya dalam hal pemberitaan yang positif dan membangun” katanya.

Selain itu, jelas Aris Sutijono sesuai arahan dari Azhar Nazarudin agar turut mensosialisasikan kepada warga masyarakat terkait peran pentingnya layanan catatan sipil di wilayah tingkat Kecamatan dan Kelurahan/Desa yang semuanya ada solusinya, tutupnya.

(Yusron/Jateng)

Comment