Didampingi Dandim 1310/Bitung, Bupati Minahasa Utara Hadiri Peresmian Fasilitas Air Bersih Dan Pencanangan Pengentasan Stunting

MediaSuaraMabes, Minahasa Utara – Bupati Minahasa Utara Joune Ganda, S.E., M.A.P., M.Si., MM., menghadiri peresmian penggunaan fasilitas air bersih program TNI Angkatan Darat (AD) Manunggal Air Tahun 2023 dan pencanangan percepatan penurunan stunting bertempat di Desa Teep Warisa Kec. Talawaan Kab. Minahasa Utara, Selasa (25/07/2023).

Dalam sambutan membuka acara, Dandim 1310/Bitung Letkol Arm Yoki Efriandi, M.Han., mengatakan, Manunggal air bersih merupakan program TNI AD yang di salurkan melalui Kodam XIII/Merdeka diwilayah Kodim 1310/Bitung dalam rangka membantu masyarakat yang ada di desa yang masih mengalami kekurangan air bersih. Wilayah Kab. Minahasa Utara khususnya di Desa Teep Warisa, mendapat kesempatan untuk membangun pompa Hydran air bersih untuk kebutuhan masyarakat.
“Pompa ini tidak menggunakan tenaga listrik sekaligus ini merupakan karya anak bangsa putra Nusa Tenggara Timur (NTT),” kata Dandim.

Lanjutnya, Hampir seluruh Kodim jajaran TNI AD melaksanakan kegiatan seperti ini. Terdapat 1.304 titik pencanangan fasilitas program air bersih TNI AD Manunggal se-Indonesia yang diresmikan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman. Selain peresmian fasilitas program air bersih TNI AD Manunggal, juga dilaksanakan pengentasan stunting yang menjadi program unggulan dari TNI AD.

“Semoga pompa Hydran air bersih ini dapat memberi kemudahan bagi masyarakat Desa Teep Warisa dalam rangka memenuhi ketersediaan air bersih. Dan juga kita terus berupaya mendukung program pemerintah dalam penanganan stunting di Kab. Minut bekerja sama dengan instansi-instansi terkait,” pungkas Dandim.

Di kesempatan yang sama, Bupati Minut Joune Ganda menyampaikan ucapan terima kasih dari Pemkab Minut kepada Kodim 1310/Bitung yang sudah melaksanakan kegiatan nyata lewat bantuan air bersih kepada masyarakat Desa Teep Warisa, dan ini menjadi inspirasi bagi desa-desa lain yang sangat membutuhkan air bersih.

Baca Juga :  Babinsa Kodim 1209-07/Jgb Laksanakan Seleksi Paskibraka Tingkat Kecamatan

“Kepada bapak Camat dan bapak Hukum Tua Desa Teep Warisa agar dirawat baik-baik pompa Hydran ini agar ketersediaan air bersih bagi masyarakat tetap terpenuhi. Terima kasih juga kepada Kodim 1310/Bitung yang terus menerus bekerja sama dengan pemerintah Kab. Minut dalam penanganan stunting di wilayah Kab. Minut,” ucap Bupati.

Kegiatan dirangkaikan dengan pengguntingan Pita dan penandatangan Prasasti Fasilitas Air Bersih Program TNI AD Manunggal Air Tahun 2023, Pemberian paket nutrisi tambahan bagi anak stunting dan diakhiri sesi foto bersama.

Usai kegiatan, dilanjutkan dengan video confrence (Vidcon) dengan Bapak KASAD dalam rangka peresmian Penggunaan Fasilitas Air Bersih Program TNI AD Manunggal Air Tahun 2023 dan Pencanangan Percepatan Penurunan Stunting.

Ikut hadir dalam kegiatan, Kapolres Minut AKBP Dandung Putut Wibowo, S.Ik, SH.MH., Ketua DPRD Minut Denny K. Lolong, S.Sos., Kasdim 1310/Btg, Mayor Inf Novri Pratasik, Pabung Minut Kodim 1310/Btg, Mayor Chb Mustafa Umboh, Asisten III Bupati, Drs. Rivino W L. Dondokambey, Kadis PPKB, dr. Jeane Simon, Kepala Kantor Imigrasi Bitung, Ryang Yang Setiawan, Camat Talawaan, Alexander Warbung, SIP., Para Perwira Staf dan Danramil jajaran Kodim 1310/Btg, Anggota Kodim 1310/Btg, Para Hukum se-Kecamatan Talawaan serta Tamu dan undangan yang hadir.

(Kifli Polapa)

Comment