Presiden Jokowi Meresmikan Tzu Chi Hospital, Kalau Sakit Ke Tzu Chi Hospital Saja

MediaSuaraMabes, Jakarta – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo meresmikan Rumah Sakit Tzu Chi Hospital yang berlokasi di Pantai Indah Kapuk, Penjaringan, Jakarta Utara pada 14 Juni 2023. Rumah sakit yang berada di bawah naungan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia ini merupakan rumah sakit yang mengusung konsep High Tech (Berteknologi tinggi) dan High Touch (Sentuhan Humanis) dengan dihadirkannya pusat transplantasi sumsum tulang pertama di Indonesia.

“Saya tadi barusan berkeliling untuk melihat fasilitas penanganan pasien, baik yang berkaitan dengan kanker, thalassemia, transplantasi sumsum tulang belakang. Semuanya saya lihat peralatan, sarana prasarana, semuanya sangat modern. Saya sangat menghargai pembangunan rumah sakit ini. Rumah sakit dengan kapasitas 567 kamar, dengan saranan prasaranan peralatan rumah sakit yang begitu canggih,” ucap Presiden Joko Widodo dalam sambutannya usai berkeliling di Tzu Chi Hospital.

“Tentu kita ingin semuanya sehat, tapi kalau pas sakit, jangan pergi keluar negeri. Pergi ke Rumah Sakit Tzu Chi Hospital saja,: tegasnya di iringi riuh tepuk tangan dari para tamu undangan, relawan, dan donatur.

Sejauh ini, setiap tahunnya, hampir satu juta masyarakat Indonesia berobat ke luar negeri mulai dari Malaysia, Singapura, Thailand, maupun Jepang dengan tujuan pengobatan kanker, orthopedic (tulang, sendi), gigi hingga bedah estetik dengan klaim peralatan di luar negeri yang lebih canggih. Hal itu juga membuat Indonesia kehilangan devisa sebanyak 11,5 milliar USD atau 170 trilliun rupiah. Namun kini Presiden Jokowi menilai masyarakat tidak lagi perlu jauh-jauh pergi berobat karena semua sudah tersedia di Tzu Chi Hospital Jakarta.

“Dokter-dokter kita ini nggak kalah pinternya, tapi alatnya mungkin kalah. Oleh sebab itu, Tzu Chi Hospital sudah menyiapkan peralatan yang tadi saya lihat (begitu canggih dan modern). Semoga kita bisa bersaing dan masyarakat kita berobat di dalam negeri sehingga kita tidak kehilangan 170 trilliun per tahun di urusan sakit saja. Jadi sekarang jangan bawa uang keluar, jangan bawa capital outflow,” pesan Presiden Joko Widodo, “sekali lagi saya sangat menghargai pembangunan Tzu Chi Hospital ini semoga tidak banyak lagi masyarakat kita yang berobat ke luar negeri.” (Red)

Baca Juga :  Jumat Berkah, Personel Sat Lantas Jakarta Barat Berbagi Makanan Gratis Kepada Warga Slum Area

Comment