Pergelaran Tradisi Ngabayotn Sabinuo Dayak Salako Singkawang

MediaSuaraMabes, Singkawang – Ngabayotn Sabinuo adalah tradisi lokal masyarakat adat Dayak Salako serumpun Indonesia dan Malaysia. Tradisi ini merupakan serangkaian upacara adat yang biasanya disebut dengan ritual adat Narokng Padi suku Dayak Salako yang berada diantara dua belah negara yaitu Indonesia dan Malaysia.

Tradisi Ngabayotn dilaksanakan setiap tahun, tepatnya pada tanggal 01 Juni yang dilaksanakan Secara Sabinuo (Seluruh wilayah teritorial masyarakat adat suku Dayak Salako). Pagelaran Tradisi Ngabayotn Sabinuo ini digelar atau dilaksanakan Hari Sabtu 3/Juni/2023, dikelurahan Bagak Sahwa Kecamatan Singkawang Timur Kota Singkawang Provinsi Kalimantan Barat Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Acara Ngabayotn Sabinuo tradisi Lokal masyarakat adat Dayak Salako tersebut juga turut dihadiri
– Pj Wali kota Singkawang, Drs.H.Sumastro,M.Si
– Ketua DPRD Kota Singkawang, Sujianto
– Forkopimdak Kota Singkawang
– Kepalo Binuo, Marsianus Kodim S.H
– Dandim 1202/ Skw di wakili Pasi Ter Kodim 1202/Skw Lettu Inf Agustinus
– Kapolres Singkawang di wakili Kapolsek Singkawang Timur Iptu Dwi Hariyanto Putro,S.H dan beserta tamu undangan.

Ngabayotn Sabinuo ini bertujuan untuk mengucapkan rasa syukur yang mendalam kepada Jubata (Tuhan Allah) dan Awo Pamo (Arwah Leluhur) atas berkehidupan yang layak. Secara turun temurun Masyarakat adat Dayak Salako percaya bahwa kehidupan yang layak berupa berkat, perlindungan, kesehatan, kesuburan, serta rezeki yang berlimpah adalah pemberian dari Jubata (Tuhan) kepada masyarakat adat Dayak Salako.

Tradisi Ngabayotn Sabinuo ini juga sekaligus sebagai simbol menutup masa panen padi dan akan memulai masa untuk berladang yang baru. Yang berlangsung dari zaman nenek moyang hingga sekarang. Seiring berkembangnya peradaban Dunia dalam Menyikapi hal ini Kebudayaan dan Tradisi Suku Dayak Salako haruslah dijaga, dirawat dan dilestarikan, sesuai dengan pedoman Undang-Undang No.05 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan.

Baca Juga :  Pagelaran Wayang Kulit Lakon "Welkudoro Catur" Bersih Desa Dan HUT Ke 91 Pekon Panjerejo

Maksud dilaksanakannya pagelaran Festival Origin Salako Ngabayotn Sabinuo di kota Singkawang Tahun 2023 ini sebagai bentuk eksistensi dalam mewujudkan visi dan misi bangsa Indonesia untuk memajukan dan melestarikan budaya dan tradisi yang ada di Nusantara, dan turut membantu dalam memajukan pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dibiang seni dan budaya serta membantu pemerintah kota Singkawang sebagai kota Pariwisata.

Selain itu, tujuan dilaksanakannya pagelaran Festival Origin Salako Ngabayotn Sabinuo di kota Singkawang Tahun 2023 ini adalah sebagai bentuk menjaga rasa toleransi dan sebagai wadah silaturahmi antar Negara, maupun seluruh suku dan masyarakat adat yang ada diseluruh penjuru Dunia. Kami juga berharap kita semua dapat merasakan kebahagian di hari Pelaksanaan Festival Origin Salako Ngabayotn Sabinuo di kota Singkawang Tahun 2023.

Acara pergelaran tradisi Ngabayotn Sabinuo di akhiri dengan Ramah tamah dan foto bersama.

(Sumber : Kapala Binuo Dayak Salako)

*(Hjk)

Comment