Jaga Kerukunan di Desa Binaan, Babinsa Bulungan Bantu Mediasi Permasalahan Antar Warga

MediaSuaraMabes, Jepara — Sudah menjadikan kewajiban sebagai seorang Bintara Pembina Desa (Babinsa) untuk menjaga wilayah binaan agar tetap aman dan kondusif jauh serta membantu setiap permasalahan masyarakat di wilayah binaan.

Seperti yang telah dilakukan oleh Babinsa Sertu Rohmadun anggota Koramil 09/Mlonggo bersama Bhabinkamtibmas Bripka Aris krityanto menyelesaikan permasalahan warga binaan terkait dengan usaha bulu ayam yang dimiliki salah satu warga di Desa Bulungan, Kecamatan Pakis Aji, Kabupaten Jepara. Jumat. (5/5/2023).

Untuk itu,, sebagai salah satu bentuk tanggung jawab Babinsa dan Bhabinkamtibmas sebagai aparat kewilayahan hadir ditengah-tengah mereka membantu mediasi dan menjadi penengah dalam menyelesaikan masalah tersebut.

Pelaksanaan mediasi berlangsung di kantor Balai Desa Bulungan, yang dihadiri Petinggi desa Bulungan Biono, Perangkat desa, Ketua RT maupun RW dan pemilik usaha serta perwakilan dari warga yang terdampak dari usaha bau bulu ayam tersebut.

Ketika ditemui, Babinsa Sertu Rohmadun mengatakan dengan diadakannya mediasi ini harapanya masalah keluhan warga dapat diselesaikan secara kekeluargaan, sehingga semua permasalahan dapat terselesaikan dan tidak menyebabkan keributan yang terjadi antar sesame warga.

“Dalam mediasi tersebut antara pemilik usaha dan perwakilan warga Bulungan sepakat untuk menyelesaikan permasalahan secara kekeluargaan,” kata Babinsa Sertu Rohmadun.

Lebih lanjut, dirinya mengajak kepada masyarakat apabila ada suatu permasalahan segera dilaporkan, baik kepada aparat keamanan dalam hal ini Babinsa maupun Bhabinkamtibmas ataupun juga kepada aparat Desa.

“Dengan selesainya mediasi secara kekeluargaan permasalahan dapat segera diselesaikan dan juga kerukunan antar warga pun tetap terjaga,” pungkasnya.

(Yusron).

Baca Juga :  Perehaban Masjid Baytun Najah Pekon Sukamaju Di Hari Pertama PRA TMMD KE-113

Comment