Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Kopka Khunderin Babinsa Tanjung Ikuti Forum Konsultasi Publik Regsosek

MediaSuaraMabes, Jepara – Guna memaksimalkan data yang valid dalam pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) satu data perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat.

Babinsa Kopka Khunderin anggota Koramil 09/Mlonggo jajaran Kodim 0719/Jepara menghadiri kegiatan Forum Konsultasi Publik (FKP) yang dilaksanakan di Balai Desa Tanung, Kecamatan Pakis Aji, Kabupaten Jepara. Kamis, (4/5/2023) malam.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Tim dari Badan Pusat Statistik (BPS) Jepara Nur Zaini, Petinggi Desa Tanjung Hariyanto, Bhabinkamtibmas, Ketua RW dan Ketua RT.

Di Kesempatan itu, Petinggi Desa Tanjung Hariyanto mengungkapkan, bahwa pelaksanaan pendataan Regsosek yang saat ini sudah mulai dilakukan di desa-desa, diharapkan benar-benar diperoleh data riil sesuai yang ada di lapangan.

“Dengan adanya data riil yang diperoleh oleh petugas, tentunya membantu pemerintah dalam memetakan tingkat kesejahteraan sosial masyarakat serta menjadi acuan dalam melaksanakan program,” kata Petinggi

Lebih lanjut, kepada para petugas Regsosek agar benar-benar melakukan pendataan dengan benar. Bahkan, para Ketua RT sebagai ujung tombak pemerintahan paling bawah tentunya banyak mengetahui keberadaan warganya, sehingga diperlukan keterlibatannya dalam kegiatan tersebut.

“Para Ketua RT hendaknya dapat membantu kinerja petugas dengan memberikan informasi yang benar, karena Pak RT yang lebih paham dan tentunya disesuaikan dengan hasil pendataan langsung oleh petugas sesuai kriteria yang ada,” ujar Hariyanto.

Dikesempatan itu Tim dari Badan Pusat Statistik (BPS) Jepara Nur Zaini mengatakan pendataan Regsosek ini sangat penting mengingat saat ini program bantuan sosial diharapkan tepat sasaran. Sementara data yang dimiliki Kementerian, lembaga dan pemerintah daerah masih sangat sektoral.

“Dari semua permasalahan ini maka perlu upaya perbaikan data sosial ekonomi yang mencakup seluruh penduduk, diperlukan ekosistem pendataan perlindungan sosial yang terintegrasi secara menyeluruh,” terangnya.

Baca Juga :  Dandim 0422/Lampung Barat Pimpin Korp Raport Kenaikan Pangkat Periode April 2022

Sementara itu, Babinsa Kopka Khunderin juga menyampaikan akan turut mendukung dan melakukan pendampingan kepada pemerintah Desa untuk program pemerintah tersebut.

“Sebagai Babinsa sudah sepatutnya aktif disetiap kegiatan demi tercapainya kesejahteraan masyarakat yang berada di wilayah binaan,” ungkapnya.

(Yusron).

Comment