Dandim 0719 dan Forkopimda Hadiri Festival Kupat Lepet di Pesta Lomban Jepara Jadi Rebutan Warga

MediaSuaraMabes, Jepara — Setelah prosesi pelarungan kepala kerbau, di puncak perayaan Pesta Lomban Jepara, Dandim 0719/Jepara Letkol Inf Mokhamad Husnur Rofiq bersama Forkopimda menuju Festival Kupat dan Lepet. Kali ini sebanyak 1.444 kupat dan lepet disiapkan untuk diperebutkan warga.

Festival tersebut digelar di Pantai Kartini Jepara Pada, Sabtu (29/4/ 2023).

Kegiatan Diawali dengan pementasna puisi, atraksi silat dan tari-tarian sebelum akhirnya secara simbolis pemotongan pita dilakukan oleh Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta. didampingi Dandim 0719/Jepara Letkol Inf Mokhamad Husnur Rofiq beserta Forkopimda dan para pejabat terkait.

Tampak dua gunungan besar yang berisi kupat dan lepet yang jumlahnya mencapai 1.444 buah. Jumlah ini sesuai dengan tanggal 1 Syawal 1444 Hijriah di Tahun 2023. Kemudian setelah didoakan ribuan warga memperebutkan gunungan tersebut. Mereka percaya gunung kupat dan lepet akan memberikan keberkahan bagi mereka.

Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta mengatakan, tradisi kupat dan lepet ini untuk tetap dipertahankan sampai kapanpun. Kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahmi masyarakat usai lebaran idulfitri. Tradisi syawalan ini merupakan tradisi leluhur yang masih disakralkan hingga sekarang.

Lebih lanjut menurut Pj. Bupati Jepara bahwa masyarakat Jepara sendiri yang bekerja di Jakarta atau kota lainya, belum akan kembali ke tempatnya bekerja sebelum prosesi syawalan atau pesta Lomban.

“Terima kasih kepada warga Jepara yang masih di sini, dan belum kembali ke perantauan. Semoga diberikan keselamatan,” ujarnya.

(Yusron).

Baca Juga :  Babinsa Dampingi Bidan Desa Berikan Pelayanan Kesehatan Kepada Warga Lansia

Comment