Pengelola Dana BOS di SDN Cibodas 8 Kota Tangerang Diduga Tidak Transparan

MediaSuaraMabes, Banten Tangerang – Bantuan dari Pemerintah Pusat yang dianggarkan dari Anggaran Pemerintah Belanja Negara (APBN) dengan nama Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dialokasikan ke tiap-tiap sekolah berdasarkan jumlah peserta didik.

Dana BOS disalurkan oleh pemerintah pusat berdasarkan acuan Permendikbudristek Nomor 63 Tahun 2022 Juknis BOSP TK PAUD SD SMP SMA SMK Tahun 2023. Adapun alokasi dana BOS terdiri atas komponen Dana BOS Reguler dan Kinerja.

Namun yang terjadi di SDN Cibodas 8 Kecamatan cibodas Kota Tanggerang penyaluran serta pengelolaan Dana BOS tersebut patut dipertanyakan.

Pertanyaan tersebut muncul ketika awak media.l hendak melakukan konfirmasi ke kepsek SDN Cibodas 8 Anam S.pd. malah beliau tergesa-gesa dan terburu” mau keluar dari ruang kerjanya, dengan alasan mau ada rapat

Saat dikonfirmasi mengenai penyaluran serta penggunaan dana BOS, malah dengan mudah nya mengatakan sudah habis banyak pengeluaran, tapi tidak terlihat terserap kemana pengalokasian nya, dan pada saat di tanya bentuk pengalokasian nya malahan beliau menjawab lain waktu saja saya sibuk mau rapat, tegas Anam se akan mem peralihkan pembicaraan sambil keluar dari ruang kerjanya(27/03/2023)

Indikasi inilah yang menjadi dasar mengapa pengelolaan dana BOS di Sekolah SDN Cibodas 8 tersebut patut menjadi pertanyaan.

Mengingat, dalam menentukan penyaluran dana BOS, Sekolah membuat Rencana Angaran Biaya Sekolah (RAPBS) yang di ketahui oleh Komite sekolah sebagai perwakilan orang tua/wali para peserta didik.

“Kalau semua penyaluran Dana BOS tidak transparan patut di duga adanya penyimpangan di jaman keterbukaan iformasi publik saat ini, sekolah harus trasparan dalam mengelola anggaran yang dikucurkan oleh pemerintah pusat.

“Dana BOS itu bukan rahasia negara, jadi kita berhak tau kemana saja dan dipakai apa saja dana yang dikucurkan pemerintah itu,”Sampai berita ini di naikan masih belum ada tanggapan dari kepsek SDN Cibodas 8 (27/03/2023)

Baca Juga :  Biadap!!! Suami Hajar Istri Hingga Tewas, Pelaku di Amankan Warga

(ER. Aslin.)

Comment