Pesawat Pilatus milik Association Mission Aviation (AMA) Melakukan Pendaratan Kampung Yegeiyepa Distrik Piyaiye, Kabupaten Dogiyai

MediaSuaraMabes, Dogiyai – Pesawat Pilatus Forter PK-RCX milik Misionaris Association Mission Aviation (AMA) Nabire,Pilot Andre Pinto, melakukan tes landing atau Mendarat pertama di lapangan terbang baru Kampung Yegeiyepa Distrik Piyaiye, Kabupaten Dogiyai, Propinsi Papua Tengah, Sabtu (11/03/2023).

Kampung Yegeiyepa adalah salah satu nama Kampung yang ada di Distrik Piyaiye, kabupanen Dogiyai dan terletak jauh dari Ibukota Kabupaten Dogiyai yakni Moanemani.

Untuk menempuh perjalanan ke Kampung Yegeiyepa, warga harus melalui medan yang begitu sulit dan berat, melewati gunung, lembag, jurang hingga bisa sampai di Kampung Yegeiyepa yang berbatasan dengan Kabupaten Nabire, Timika, Provinsi Papua Tengah dan Kabupaten Kaimana Provinsi Papua Barat.

Oleh karena itu, Associated Mission Aviation (AMA) mencoba melakukan tes landing atau mendarat pertama di lapangan terbang kampung yegeiyepa dengan harapan jika berhasil maka Pesawat AMA akan melayani warga Kampung Yegeiyepa dalam hal transportasi Udara.

Kedatangan Pesawat AMA bersama Pilot Andre Pinto disambut warga Kampung Yegeiyepa dengan memberikan sebuah noken anggrek kepada Andre Pinto.

Warga kampung kemudian beramai-ramai menggendong Pilot mengelilingi lapangan terbang yang baru dibuat masyarakat secara swadaya menggunakan dana kampung.

Pesawat AMA tersebut parkir di lapangan selama satu jam lebih. Selama satu jam lebih itu masyarakat bersama Pilot Andre mengadakan syukuran bakar batu sebagai ucapan syukur telah mendaratkan pesawat.

Kesempatan itu, Pilot Andre Pinto Menyampaikan bahwa,

“Dirinya sangat senang dan bangga sekali bisa mendarat di Kampung Yegeiyepa dan Apresiasi warga Kampung yang membuat lapangan secara swadaya.

“Mereka memberikan surat ke AMA untuk meminta Pesawat AMA mendarat di lapangan yang mereka buat. Saya melihat lapangan terbang sudah bagus aman dan pesawat bisa mendarat dengan aman”.

Baca Juga :  Pekon Pemerihan Salurkan BLT DD Tahap II Tahun 2021

Jika Dirinya senang bisa mendarat dan masyarakat menyambutnya. Sebagai penghargaan mereka memberikan noken buatan asli masyarakat.

Area parkir mereka harus sedikit diperbesar tetapi lapangan semua aman, lapangan bagus dan bisa didarati.
Pinto juga menuturkan bahwa masyarakat mereka bekerja dengan waktu yang cukup lama,5 Tahun lebih bekerja sampai mulai hari ini 11 Maret 2023 ini, selama 5 tahun lebih. Dirinya juga senang tinggal di lapangan satu jam lebih dan berpesta dengan masyarakat juga jalan-jalan.

“Ketika saya mendarat pertama kali di Yegeiyepa, saya membawa penumpang 8 orang. Saya mengetahui bahwa pasti 8 orang akan pas. Lapangan cukup panjang dan lebar, untuk tempat parkiran akan diperlebar sehingga badan pesawat bisa parkir”.

Kesempatan itu, Kepala Kampung Yegeiyepa, Antonius Kegou mengatakan bahwa,

“dirinya dan masyarakat kampung yegeiyepa mengucapkan terima kasih kepada pihak AMA dan Pilot Andre Pinto yang telah memenuhi surat permintaan dari masyarakat sehingga kami tak lupa mengucapkan terimakasih banyak atas pelayanan pelayanannya saudara pilot sehingga Tuhan berkati pelayanan selanjutnya.

Tes landing atas mendarat lapangan terbang Baru Kampung yegeiyepa berjalan Aman dan Sukses.

Comment