Berantas Nyamuk Demam Berdarah, Babinsa Bandungrejo Dampingi Petugas Kesehatan Sosialisasikan 3M

MediaSuaraMabes, Jepara – Untuk mewaspadai dan mengantisipasi serangan penyakit DBD di musim penghujan seperti sekarang ini, masyarakat perlu menjaga kebersihan lingkungan baik di dalam maupun di luar rumah.

Seperti yang dilaksanakan oleh petugas kesehatan Puskesmas Kecamatan Kalinyamatan, Kabupaten Jepara, yang didampingi oleh Babinsa Serda Harmono anggota Koramil 04/Pecangaan memberikan sosialisasi Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Jumat, (3/2/2023).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Balai Desa Bandungrejo, yang dihadiri Petingi Desa Bandungrejo H. Suratmin, Kepala Puskesmas kaliyamatan dr.Lutfi, Bidan Desa Ibu Titin, Bhabinkamtibmas Bripka Joko, Tokoh Masyarakat dan Kader Posyandu.

Ketika ditemui, Babinsa Serda Harmono menyampaikan mengatakan pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) bisa dilakukan dengan cara 3M yakni menguras, menutup, dan mengubur barang-barang yang tidak diperlukan. Sebab, barang-barang yang tidak terpakai ini berpotensi menjadi sarang nyamuk penyebab demam berdarah.

“Selain itu, tindakan untuk antisipasi penyebaran DBD dapat dilakukan dengan cara membersihkan lingkungan dan pemberian abate di bak air maupun tempat penampungan air lainnya,” kata Serda Harmono.

Selain itu, diharapkan dengan kegiatan ini masyarakat senantiasa menumbuhkan kesadaran untuk menjaga lingkungan demi terciptanya suasana yang sehat dan bebas dari wabah penyakit.

“Kami meminta peran aktif masyarakat dalam menjaga lingkungan serta perlunya menerapkan 3M plus yakni dengan menutup, mengubur dan menguras tempat-tempat penampungan yang memungkinkan nyamuk demam berdarah berkembang biak,” ujar Babinsa.

(Yusron)

Baca Juga :  Peduli Kelestarian Lingkungan, Rindam XII/Tpr Laksanakan Aksi Tanam Sejuta Pohon

Comment