PT. SIG Kerjasama Lanud Atang Sandjaja Jabar, Kembangkan Sorgum

MediaSuaraMabes, Jabar – Optimisme Pt. Sorgum Indonesia Grup (PT. SIG) dalam mengembangkan tanaman sorgum di seluruh wilayah Indonesia telah menjadi komitmen Perusahaan sebagai upaya mendukung ketersediaan pangan bagi masyarakat dengan beras sorgum yang kini berhasil diproduksi oleh PT. SIG.

Pengembangan tanaman sorgum oleh Pt, Sorgum Indonesia Grup (Pt, SIG) bukan hanya dilakukan di lokasi atau lahan milik masyarakat dan lainnya tetapi juga tanaman ini dapat dikembangkan di lahan milik TNI Angkatan Udara yang masih kosong dan belum dimanfaatkan.

President Director Pt, SIG.  Mohd. Hendry Sultan Caniago pada kegiatan memperkuat Ketahanan Pangab  Nasional melalui pemanfaatan lahan Lanud Atang Sandjaja untuk Budidaya Sorgum di Bogo Jawa Barat pada rabu, 01/02/2023 mengatakan,  apa yang dilakukan Bersama Komandan Lanud Atang Sandjaja yang telah memberikan kesempatan kepada Pt, Sorgum Indonesia Grup untuk melakukan pengembangan tanaman sorgum di lahan Lanud Atang Sandjaja  dengan menggandeng petani sekitar Lanud Atang Sandjaja untuk memberikan dampak sosial dan ekonomi yang baik dan maju bagi masyarakat sekitar kawasan Lanud.

“Ini kegiatan luar biasa yang dapat memberikan dampak positif bagi ekonomi masyarakat sekitar terutama yang berada dekat Lanud  Atang Sandjaja dengan menjadi petani sorgum di lahan milik TNI AU ini” kata Caniago”.

Dikatakan,  kegiatan ini merupakan upaya Mendukung Program Presiden Joko Widodo, yang dikawal dan disosialisasikan juga oleh Ketua Tim Pelaksana Penelitian terkait pengembangan Sorgum dari hulu ke hilir.

“Komandan Lanud Atang Sandjaja telah memfasilitasi Sorgum Indonesia Grup untuk menanam Sorgum di kawasan Lanud Atang Sandjaja untuk dijadikan lahan penelitian teknik budidaya guna meningkatan produktivitas biji dan batang sorgum di sini”.ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Komandan Lanud Atang Sandjaja jawa Barat, Kolonel Penerbang T. Djohan Basyar, S.IP dan  Ketua Tim Peneliti BRIN serta SIG  Drs. M. Iskandar Ishaq, MP.

Baca Juga :  Kesaksian Haru Warga di Kampanye Muflihun: "UHC Menyelamatkan Nyawa Orang Tua Saya

Dalam kegiatan tersebut peserta juga melakukan  meninjau Pabrik Penanganan Hasil Sorgum di Parung Bogor untuk melihat  teknologi yang digunakan untuk mengolah hasil tanaman sorgum untuk dijadikan berbagai macam produk seperti beras, tepung,  dan berbagai produk pakan ternak. Dari pabrik ini juga, PT SIG akan menyajikan berbagai  produk dari teknologi pengolahan hasil sorgum sepert bahan membuat kue basah dan kering dari sorgum.

Seluruh rangkaian kegiatan ini diakhiri dengan makan siang Bersama dengan penyajian makanan hasil olahan  dari bahan dasar sorgum.(Eras).

Comment