Wujudkan Balita dan Ibu Hamil Sehat, Babinsa Desa Kelet Dampingi Kegiatan Posyandu

MediaSuaraMabes, Jepara – Sebagai wujud kepedulian terhadap kesehatan masyarakat khusunya bagi anak-anak maupun Balita di wilayah binaan, Babinsa Sertu Muhammad Junaidi anggota Koramil 08/Keling jajaran Kodim 0719/Jepara melakukan pendampingan kegiatan Posyandu dan penyuluhan kesehatan di Desa Kelet, Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara. Rabu, (25/1/2023).

Kegiatan pendampingan ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kesehatan balita serta penyuluhan kesehatan bagi ibu-ibu hamil di wilayah binaan yang dalam pelaksanaannya dilaksanakan secara rutin setiap bulannya.

Bahwa program pemerintah ini dengan rangkaian pengecekan kesehatan balita itu dilakukan oleh bidan desa dan kader bidan desa.

Namun dengan begitu, partisipasi Babinsa Sertu Junaidi dalam kegiatan Posyandu dan penyuluhan kesehatan bagi ibu hamil tersebut, merupakan salah wujud kepedulian terhadap masyarakat, khususnya dalam mempersiapkan generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas dan kuat dan mencegah stunting.

Kegiatan ini diimplementasikan dalam bentuk pendampingan posyandu dengan membantu penimbangan balita guna terciptanya pemeliharaan kesehatan masyarakat.

“Dengan kegiatan penimbangan serta pemeriksaan yang rutin pada setiap balita ataupun ibu hamil, tentunya sebagai landasan menuju balita dan ibu hamil yang sehat,” ungkap Babinsa.

Lebih lanjut, agar masyarakat desa Kelet turut berperan aktif mengikuti Posyandu untuk mengetahui tumbuh kembang anak, sehingga dengan terjaminnya kesehatan sudah memberikan hak anak untuk hidup sehat.

Disisi lain, Bidan Desa Kelet mengungkapkan, bahwa dengan pengukuran tinggi dan berat badan bayi, balita dapat mengetahui tingkat kesehatan dan tumbuh kembang anak.

“Selain itu, juga dapat mencegah gizi buruk dan cegah pertumbuhan stunting pada anak, ada indikator tinggi badan dan berat badan anak sesuai usia, karena dengan berpedoman pada indikator itu, maka akan dapat diketahui status gizi bayi dan balita tersebut,” pungkasnya.

Baca Juga :  Primkop Kartika C.08 Jepara Gelar Rapat Anggota Tahunan Ke-54

(Yusron)

Comment