Menjaga Kelestarian Alam Wakil Buapati Gunungkidul Bersama KKN Sanata Dharma Mengadakan Penanaman Pohon Di Bleberan

MediaSuaraMabes, Playen Gunungkidul – Wakil Bupati Gunungkidul Heri Susanto,S.Kom,M.Si melakukan giat kerja bakti penanaman pohon bersama Komunitas Resan Gunungkidul,Petani Melinial Karya Bakti, Taruna Tani Ubet Manunggal, KKN Univ. Sanata Dharma dan tokoh masyarakat Padukuhan Tanjung, Bleberan, Kapanewon Playen, Kabupaten Gunungkidul.

Kegiatan itu dilakukan guna menjaga dan merawat normalisasi sungai. Heri Susanto,S.Kom,M.Si menyampaikan,” Kegiatan konservasi ini kami lakukan mengingat akhir-akhir ini banyak terjadi bencana alam disekitar kita, seperti; banjir, tanah longsor, anomali cuaca dan lain lain. bencana ini terjadi disinyalir akibat dampak efek rumah kaca, penebangan pohon secara liar dan eksploitasi hutan secara berlebihan, sehingga berakibat pada pemanasan global”,jelanya

Untuk itu saya mengajak seluruh warga masyarakat Gunungkidul untuk lebih peduli terhadap lingkungan dengan terus menjaga dan melestarikan alam ini, demi warisan anak cucu kita dikemudian hari.

“Di momen yang sangat luar biasa ini saya merasa bangga dengan masyarakat Tanjung , generasi muda mudi sering disebut petani milenial,sangat antusias dan pro aktif peduli dengan lingkungan sekitarnya.Harapan kita semua semoga dengan penanaman pohon akan mengurangi terjadinya tanah longsor ,banjir,disisi lain juga akan menjadikan suasana kita menjadi sejuk,asri ,nyaman dan terhindar dari kemungkinan bencana alam”, imbuhnya.

Pencinta alam dari KKN Univ.Sanata Dharma Yogyakarta menyampaikan buat kami ini bentuk solidaritas yang harmonis dan ternyata masyarakat Gunungkidul itu loyalitasnya luar biasa terhadap wilayahnya,apalagi generasi muda mudi mau meneruskan warisan dari nenek moyang yaitu bertani.

“Aktivitas tersebut menjadi salah satu ciri kegiatan KKN, yaitu setiap pilihan tindakan yang dilakukan didasarkan atas suatu pertimbangan yang bersifat akademis ilmiah. Oleh karena sifatnya yang demikian, KKN juga merupakan suatu kegiatan yang mengandung unsur penelitian maka kami sangat tertarik dengan kejadian bencana yang terjadi di Gunungkidul,apalagi juga Bpk Wakil Bupati ikut berperan kegiatan ini .”Jelas Erwin salah satu KKN yang ikut giat tersebut.

Baca Juga :  JWW apresiasi respon masyarakat Nabire sambut Papua Tengah

(Eko / Wawan )

Comment