Pelantikan dan Bimtek Diberikan Kepada Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Terpilih Se-Kab. Garut

MediaSuaraMabes, Garut – Pelantikan dan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dalam pemilu serentak tahun 2024 se-Kab.Garut dilaksanakan di Hotel Harmoni Garut Jl. Cipanas Baru No.78, Desa Pananjung, Kec.Tarogong Kaler, Kab. Garut, Jawa Barat, pada Rabu (4/1/2023) pukul 09.00 WIB.

Junaidin Basri S.Ag, M.Pd Selaku Penanggung jawab kegiatan adalah Ketua KPU Kab. Garut mengatakan pelantikan dan bimtek tersebut diikuti oleh 250 orang.

Hadir pada Pelatihan dan Bimtek tersebut, Wakil Bupati Kab.Garut, dr. Helmy Budiman, Asda 1, Drs. Ganda Permana, Ketua KPU Junaidin Basri S.Ag.,M.Pd, Ketua Bawaslu Dra.Hj. Ipa Hapsiah Yakin,SE,.M.Si,.MM., Kab.Garut, serta Kabid Disdik H.Entib S., dan Bagian Hukum Kab.Garut Anne, juga dari Kesbangpol Kab.Garut.

Selain itu dalam acara tersebut hadir pula para Camat, Danramil, Kapolsek bersama jajaran Polres, Bappeda, SKPD-SKPD Kabupaten Garut.

h. Para peserta Pelantikan dan Bintek PPK Se-Kab Garut yang berjumlah 210 orang.

Sambutan disampaikan Ketua KPU Kab.Garut Junaidin Basri S.Ag.,M.Pd yang menyebut,
Kegiatan ini melalui proses panjang, yang hadir adalah orang terbaik dan pilihan dari proses awal sampai akhir dengan seleksi digital.

Anggota PPK ini adalah orang pertama yang lulus sistem attitude komputer, dan wawancara langsung dari KPU Kab. Garut dg kompetensi penyelenggaraan pemilu, baik pengalaman sampai keterampilan di lapangan, baik teknik sampai kepribadian yang baik, tuturnya.

Selain itu, Tahapan KPU Kab.Garut telah melalui beberapa tahapan seperti, Verifikasi administrasi calon pemilu 2024, Pemetaan Dapil, Pelantikan dan Bintek PPK terpilih se-Kab.Garu,t dan sebentar lagi kita akan melakukan verifikasi pendaftaran PPS.

“Junaidin juga menyebut, Harus menjalin hubungan baik dengan peserta pemilu yaitu partai politik, unsur Forkopimda, dan partai perseorangan”, ucapnya.

Baca Juga :  Gebyar Ramadhan 1444 H, PDI-P Adakan Lomba Pildacil Se-Kabupaten Beltim

Saya berharap dapat berkoordinasi dengan tenaga kesekretariatan tiap kecamatan. Kita sedang tahapan verifikasi peserta perseorangan. KPU Kab. Garut melaksanakan wawancara calon PPS dan terakhir kita laksanakan Bintek PPK ini sampai akhir.

Wakil Bupati Garut, dr. Helmy Budiman menucapkan selamat kepada para anggota PPK se- Kab.Garut yang telah dilantik. Perekrutan anggota PPK ini adalah anggota terpilih dengan teknik dan perekrutan tahapan yang profesional.

Helmy mengatakan, Pemilu adalah sebagai perwujudan kedaulatan rakyat ada ditangan penyelenggara pemilu melalui dengan tahapan- tahapannya. Sekali lagi ini tugas yang berat, sebagaiman fakta integritas yang telah dibacakan tadi, ini langkah beratnya tugas PPK sebagai kunci keberhasilan pemilu. Sehingga penyelenggaraannya harus profesional, ucap Helmy.

Senentara itu Pemda Kab.Garut memberikan dukungan termasuk fasilitasi penyelenggaraan pemilu di PPS, memberikan izin untuk tenaga administrasi PPK, termasuk memberikan pendidikan politik kepada para peserta pemilu.

Harapan kita agar Kab.Garut punya perjalanan lebih baik, kita jaga agar kita dapat memberikan dukungan penuh terhadap penyelenggaraan pemilu, Danramil, Kapolsek serta Camat dapat mengawasi pelaksanaan pemilu nanti, saya ucapkan terima kasih kepada semua kita memohon kepada Allah agar dapat berjalan dengan baik.

Ketua Bawaslu Kab.Garut Hj Ipa Hapsiah dalam pelantikan dan bimtek tersebut juga memberikan sambutannya, ia mengatakan, Mudah mudahan agenda ini mendapat berkah dari Allah SWT.

Sangat mengapresiasi kegiatan ini dan ucapan selamat kepada PPK se Kab. Garut yang telah dilantik. Pemilu adalah sarana kedaulatan rakyat di Indonesia secara langsung beban dan rahasia.

Saya menitipkan kepada semua, bahwa keberhasilan pemilu ada di tangan KPU yang diawasi oleh Bawaslu. Peserta pemilu untuk perseorangan harus kita pantau, itu tugas Bawaslu, ungkapnya.

Baca Juga :  Mantan KCP BJB Pangalengan Cabang Soreang Achmad M Syam P, SE Menjadi Terdakwa Dalam Kasus Program MGM di Bank BJB

(man/din).

Comment