Pemerintah Pekon Way Sindi Tuntaskan Penyaluran Dana BLT DD Tahap Akhir Tahun 2022

MediaSuaraMabes, Way Sindi – Beberapa hari Menjelang pergantian Tahun, Pemerintah Pekon Way Sindi, Kecamatan Karya Penggawa Kabupaten Pesisir Barat, Tuntaskan Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) periode Desember Kepada 125 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Selasa(27/12/2022).

Dari Pantauan Media Suara Mabes ini di lokasi penyaluran bantuan tersebut berlangsung di Balai Pekon Way Sindi yang di hadiri oleh Aparatur Pekon, ketua LHP dan anggota LHP, Pendamping Desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan seluruh KPM.

Disampaikan Peratin Pekon Way Sindi Syahril Yaman bahwa teknis penyaluran seperti sebelumnya, KPM diundang ke Balai Pekon, setelah seluruhnya berkumpul, uang bantuan diserahkan secara simbolis, dan selanjutnya di panggil satu persatu oleh aparat pekon.

“Ya, uangnya diserahkan secara tunai, Besaran yang di terima periode Oktober , November , Desember ini adalah Rp 900.000 per KPM,” Langsung di bayar tiga bulan Langsung terangnya.

Informasi penting, masih disampaikan Syahril Yaman, untuk Tahun 2023 jumlah KPM akan disesuaikan dengan pagu BLT-DD yang ditentukan oleh pemerintah pusat.

Merujuk pada peraturan Menteri Desa (Permendes), Alokasi pagu anggaran untuk Pelaksanaan program BLT-DD di tahun Anggaran 2023 maksimal, pekon hanya bisa mengalokasikan 25 persen dari total anggaran DD yang diterima.

Pihak pekon pun akan memverifikasi kembali Penerima. Adapun kriteria penerima BLT-DD tahun depan terdiri dari, keluarga miskin berdomisili di desa bersangkutan, diutamakan untuk keluarga miskin ekstrim, keluarga yang terdapat anggota keluarga rentan sakit menahun, keluarga dengan anggota rumah tangga tunggal lanjut usia,dan keluarga yang terdapat anggota Difabel.

“Dikarenakan dari pusat ada perubahan-perubahan, kita akan lakukan rapat terlebih dahulu. Agar tidak menimbulkan kesalah pahaman di antara warga nantinya,” tegas Peratin.(Hijrah)

Baca Juga :  Pj Bupati Kampar Sambut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno

Comment