Kapolres Magelang Kota Tinjau Pengamanan di Sejumlah Gereja

MediaSuaraMabes, Magelang – Guna memastikan perayaan dan ibadah Natal 2022 aman dan nyaman, Kapolres Magelang Kota Polda Jawa Tengah AKBP Yolanda Evalyn Sebayang, S.I,K., M.M. melakukan peninjauan dan cek pengamanan di sejumlah gereja. Peninjauan dilakukan bersama PJU Polres Magelang Kota, Sabtu (24/12/2022) mulai pukul 16.00 WIB.

Adapun gereja yang dikunjungi antara lain Gereja Mawar Sharon Jagoan, Gereja Pantekosta Bayeman, Gereja Ignatius, Gereja Kristus Penebus Jalan Diponegoro, GKI Pahlawan. Peninjauan terakhir di Gereja GPIB Beth-El di Jalan Aloon-Aloon Utara Kota Magelang.

Di akhir peninjauan Kapolres Yolanda mengatakan pengecekan pengamanan akan terus dilakukan hingga perayaan dan ibadah Natal di gereja-gereja selesai yang puncaknya Minggu (25/12/2022). Untuk pengamanan gereja Polres Magelang Kota menerjunkan 321 personel.

“Ditambah bantuan personel dari TNI, Banser, dan dari internal masing-masing gereja,” katanya kepada awak media.

AKBP Yolanda mengungkapkan sejauh ini pelaksanaan pengamanan berjalan dengan baik dan lancar, karena sebelumnya pihaknya telah berkoordinasi dengan para pendeta dan pastur terkait pengamanan secara bersama.

“Sehingga pihak internal gereja sudah paham mana jemaat gereja itu atau orang asing. Sehingga antisipasi terhadap gangguan cukup baik di semua gereja,” ungkapnya.

Kapolres Yolanda mengucapkan Selamat Natal bagi umat Nasrani dan mengimbau kepada masyarakat baik yang merayakan Natal atau yang tidak untuk membangun dan tetap menjaga toleransi. Agar perayaan dan ibadah Natal berjalan dengan baik. Karena pasti ada intensitas meningkat terkait lalu lintas atau parkir di sekitar gereja.

Terkait perayaan malam Tahun Baru, Yolanda mengatakan Kota Magelang tidak ada pesta petasan atau kembang api. Namun masyarakat diperkenankan merayakannya secara wajar, sederhana dan tetap menjaga prokes dan kamtibmas.

Baca Juga :  Silaturahmi Kapolres Landak: Perkuat Soliditas Dengan Pondok Pesantren Nurul Islam Wujudkan Kamtibmas Kondusif

“Jadi tidak ada pesta mercon atau pawai kendaraan dengan musik hingar bingar yang masuk Kota Magelang. Sampai hari ini tidak ada permohonan izin ke Polresta Magelang terkait perayaan malam Tahun Baru secara besar. Jadi tetap kita antisipasi agar Kota Magelang tetap kondusif,” pungkasnya.

Sementara itu, Majelis Jemaat GPIB Beth-El Magelang Reymond D. Ngarbingan mengucap syukur atas rasa aman dan nyaman dalam merayakan dan beribadah Natal. Mewakili jemaat gereja, Reymond mengucapkan terimakasih kepada Polres Magelang Kota dan jajarannya. Serta kepada para petugas keamanan dari Polri, TNI, dan ormas.

“Kami merasa aman, nyaman, bahkan ada kelonggaran pemerintah untuk merayakan Natal secara bersama-sama seluruh jemaat di Gereja ini. Kami sangat bersyukur atas ini semua,” ucapnya dengan nada gembira.

Comment