102 Murid Perguruan Judoka Kungfu Indonesia (JKI) Riau Mengikuti Ujian Kenaikan Tingkat (UKT)

MediaSuaraMabes, Pekanbaru – Sebanyak 102 murid Perguruan Judoka Kungfu Indonesia (JKI) Riau mengikuti Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) atau yang lebih dikenal dengan kenaikan sabuk, yang dipusatkan di pergudangan Avian pada Minggu (04/12/2022).

Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) ini dilakukan serentak dari beberapa sasana seperti sasana Palas, sasana Kulim, sasana Avian, dan beberapa sasana lainnya yang dipusatkan di pergudangan Avian, demikian dijelaskan E. Naibaho selaku Ketua Pelaksana Ujian Kenaikan Tingkat kali ini.

Ditambahkan E. Naibaho, Ketua Pelaksana Ujian Kenaikan Tingkat yang juga penyandang Sabuk Hitam tersebut bahwa, “ujian kali ini diikuti oleh 102 murid dengan 2 klasifikasi yakni, kenaikan tingkat dari sabuk putih menjadi sabuk kuning sebanyak 53 murid dan dari sabuk kuning menjadi sabuk hijau sebanyak 49 murid.”

Acara Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) ini dibuka oleh Dewan Guru Besar Judoka Kungfu Indonesia (JKI), Kingron Sidabutar (sabuk hitam DAN V Internasional) secara resmi dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Mars Patriot serta sambutan yang memberikan semangat dan dorongan agar setiap murid yang mengikuti ujian kenaikan tingkat kali ini dapat menunjukkan kebolehannya dan terus meningkatkan latihan agar bisa menjadi atlet yang ber prestasi baik di tingkat daerah, nasional maupun internasional.

“Dalam Ujian Kenaikan Tingkat kali ini dilakukan dengan 3 kategori ujian, yakni ujian jurus, ujian fisik dan sparing atau laga tanding.

Ujian jurus dimana setiap murid memperagakan jurus-jurus yang sudah diajarkan dan dilatih para guru kepada murid dengan 6 spesifikasi yaitu, KATA 1 sampai KATA 4, jurus Merpati Putih, Gobi Taichi dan jurus Toya.” dijelaskan Kingron Sidabutar.

“Sementara untuk ujian fisik, dilakukan dengan memperagakan teknik pukulan, tendangan, tangkisan baik hindaran maupun menahan serangan serta nanti dilanjutkan dengan ujian sparing atau laga tanding antar sesama sabuk dengan timbangan yang sama,” sambung Kingron Sidabutar.

Baca Juga :  Barista Cantik Ternyata Suka Bertinju

Di sisi lain kehadiran Ketua Wushu Indonesia Kota Pekanbaru, Erton Tito Hutagaol dalam acara Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) kali ini menyambut baik dan antusias kegiatan ini, “saya sangat bangga bahwa Judoka Kungfu Indonesia (JKI) dapat melakukan ujian kenaikan tingkat ini karena dari sinilah cikal bakal atlet dapat di orbitkan untuk membanggakan Kota Pekanbaru secara khusus maupun Provinsi Riau secara umum dalam berbagai event dan kejuaraan baik ditingkat Kota, Provinsi bahkan Nasional,” papar Erton Tito Hutagaol.

“Bibit-bibit atlet ini jika diasah dan dilatih terus maka akan menjadi modal daerah dalam mengikuti setiap turnamen ataupun kejuaraan di berbagai tingkat sehingga akan membawa harum dan kebanggan baik kepada atlet itu sendiri maupun kepada daerah yang diwakilinya nantinya,” tambah Erton Tito Hutagaol.

Pesan moral yang disampaikan kepada murid dalam mengikuti Ujian Kenaikan Tingkat ini adalah bertandinglah secara sportifitas, menang kalah bukan persoalan namun hal utama seorang murid perguruan JKI adalah harus disiplin dalam segala hal baru bisa mencapai puncak keberhasilan, disampaikan Kingron Sidabutar dalam sesi penutupan ujian kenaikan tingkat tersebut.

Kemudian acara ditutup dan dilakukan sesi foto bersama dengan seluruh peserta ujian kenaikan tingkat.

Penulis : Anggiat Sianturi

Comment