Menunggu Janji Pemkot Singkawang, Warga Gotong Royong Bersihkan Saluran Air Yang Tersumbat

MediaSuaraMabes, Singkawang – Dalam rangka kegiatan rutin, Minggu, 4 Desember2022, Warga melakukan kegiatan Kerja Bakti membersihkan saluran air atau parit di sekitar Jl Terminal Minal Induk, di wilayah RT13/RW04 dan RT15/RW05, Kel.Sungai Wie, Kec. Singkawang Tengah.

Kerja bakti tersebut sudah ada dan diterapkan di setiap wilayah Rt/Rw, Keluraha dan Kecamatan.

Kerja bakti biasanya rutin dilaksanakan oleh warga, diarahkan oleh Ketua RT/RW, Kelurahan atau Kecamatan dan dari Dinas Lingkungan Hidup untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan, diwilayahnya masing-masing.

Saat melintas dan melihat kegiatan warga yang sedang melaksanakan kerja bakti tim awak media mampir dan mencoba mengambil foto kegiatan tersebut.

Saat awak media mengambil foto, ada salah satu warga bertanya kepada awak media, “Maaf pak ya, bapak dari mana ya?”

Dan salah satu dari awak media suaramabes.com (Hepni) menjawab, “Kami dari media Pak.”

“Oya pak, kalau begitu kebetulan ni pak, kalau boleh kegiatan kami ini diliput pak, dan kami juga ingin sedikit menyampaikan keluhan dan harapan kami ini selaku warga, ini mungkin bisa di dengar oleh Pemerintah Kota Singkawang dan Dewan setempat kalau di ekspos oleh Media,” kata warga.

Setelah selesai melihat dan menelusuri apa yang disampaikan dan menjadi keluhan masyarakat (warga) terkait tentang dampak permasalahan banjir yang terjadi saat ini, dimana sebelum nya sudah pernah disampaikan ke Kelurahan Sungai Wie, oleh masing-masing perwakilan warga, yang diwakili oleh Ketua RT, di ataranya RT.13/RW.04 dan RT.15/RW.05, Kel. Sungai Wie, Kec.Singkawang Tengah.

Joko selaku Ketua RT.13 RW.04 menjelaskan kepada awak media, “Saya selaku Ketua RT yang mewakili Masyarakat (Warga) sangat mengharapkan kepada Pemerintah Kota Singkawang, khusus pihak terkait. Masalah ini kan bukan ranahnya RT, bukan juga ranahnya Kelurahan, yang punya kebijakan itu kan Walikota (Pemerintah Kota).”

Baca Juga :  Minum Aguafit Bebas Radiasi

“Ya harapan kami kalau bisa ada perbaikan saluran (Parit) dari wilayah RT.13 sampai dengan wilayah RT.15, khususnya di sepanjang jalur ini, Jln.Terminal Induk. Tolong juga di Perhatikan saluran air (Parit) di setiap Depan Ruko-ruko, seperti cotoh di depan Ruko yang sumbat seperti Ruko yang berdekatan Kantor sekretariat Partai Gerinda,” sambungnya.

Pihaknya juga meminta Pemerintah harus segera benahi masalah ini. Karena sudah bertahun-tahun masalah ini sudah pernah disampaikan dan dilaporkan ke Dinas terkait.

“Dinas terkait pun juga pernah melakukan pengukuran, tapi sampai hari ini belum ada tindak lanjutnya, pernah juga Kami dijanjikan oleh DPRD dari Partai Gerindra. Ya cuma sekadar janji tinggal janji,” kata Joko Ketua RT.13.

Harapan yang sama juga disampaikan Mahdi selaku Ketua RT.15, “Saya harapkan apa yang kami sampaikan ini melalui Rekan-rekan awak media bisa didengar oleh Pemerintah kota Singkawang khusus nya Dinas terkait, kami selaku warga tetap semangat dan mempunyai kesadaran, untuk sama-sama kerja bakti. Semoga ada perhatian selanjutnya dari pemerintah, untuk segera melakukan perbaikan saluran air di sisi kiri dan kanan Jln.Terminal Induk.”

Selanjutnya awak media juga meminta komentar atau keterangan salah satu warga.

Azhari yang selaku warga menyampaikan kepada awak media, dia sebagai warga dari kelurahan Sungai Wie, khususnya warga RT.15 RW.5 menyampaikan, jadi masalah ini memang yang terdampak banjir ini tidak hanya di wilayahnya, tapi juga punya hak yang sama selaku warga Kota Singkawang untuk mengharapkan perhatian yang sama, agar pihak Pemerintah Kota Singkawang, khususnya Dinas terkait, memperhatikan saluran air di wilayah ini.

“Alhamdulillah kami berterima kasih jalan sudah tidak becek lagi, sudah bagus dan sudah tinggi, cuma karena jalan sudah tinggi dampaknya rumah penduduk itu rendah, jadi akhirnya kan air itu lari ke rumah Penduduk, nah ini yang harus kita cari solusinya,” ucapnya.

Baca Juga :  Jum'at Berkah Untuk Masyarakat Kurang Mampu

Terutama pada saluran-saluran air, ini sesuaikan apa yang sudah dibincangkan dengan Pak RT, kami warga sudah kerja bakti, dan untuk masalah parit diharapkan dibenahi oleh Pemerintah Kota Singkawang, melalui melalui Dinas terkait.

“Kelurahan kami ini selaku masyarakat (warga) telah disampaikan baik melalui RT ataupun Lurah dan memang hal ini sudah sampai di Dinas terkait, tapi sampai saat ini juga belum ada solusinya,” katanya.

Kita juga minta kepada Anggota Dewan untuk aspirasinya, terutama Dewan dari Partai GERINDRA, dan kemudian ada dari Partai lain. Jadi kalau memang tidak ada anggaran yang cepat biasanya aspirasi Dewan lebih cepat, nah saja harapan kami. Jadi memang dampak dari pembangunan jalan satu sisi bagus tapi ada yang kurang yaitu Saluran air.

Untuk masalah kebersihan juga kami dari Masyarakat (Warga) akan bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan agar Bersih, indah dan Sehat, “Jelas Azhari kepada awak media. (Hepni JK)

Comment