Kombes Ade Ary Syam Resmi Jabat Kapolres Jakarata Selatan

Media Suara Mabes, Jakarta – kapolda Metro Jaya melantik Kombes Ade Ary Syam Indradi sebagai Kapolres Metro Jakarta Selatan,Selasa (4/10). Pelantikan digelar secara tertutup di Gedung Promoter Polda Metro Jaya.

Saat dikonfirmasi, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan membenarkan.

“Iya betul. Pelaksanaan sertijabnya hari ini. Sertijab Kombes Ade Ary Syam Indradi berdasarkan ST Kapolri Nomor: ST/2046/IX/KEP./2022 tanggal 24 September 2022 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Polri, telah diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolres Metro Jakarta Selatan,” kata Kombes Endra Zulpan, Selasa (4/10/2022).

Endra Zulpan menyebutkan, dalam pelantikan tersebut, selain Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil, hadir juga Wakapolda Metro Jaya Brigjen Hendro Pandowo, Irwasda Polda Metro Jaya Kombes Dwi Gunawan, Kepala Biro SDM Polda Metro Jaya Kombes Langgeng Purnomo, dan Karoops Polda Metro Jaya Kombes Marsudianto, serta dirinya.

Diberitakan sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menunjuk Kombes Ade Ary Syam Indradi untuk mengisi jabatan Kapolres Metro Jakarta Selatan sebagai pengganti Kombes Budhi Herdi yang dicopot dari jabatannya karena terseret kasus Irjen Ferdy Sambo.

Sedangkan, Budhi Herdi saat ini dimutasi ke Yanma Polri lantaran diduga tidak profesional dalam penanganan kasus pembunuhan Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat dengan tersangka eks Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo.

Mutasi Kombes Budhi Herdi tersebut tertuang dalam TR nomor ST/1751/VIII/KEP./2022.

Profil Singkat Kombes Ade Ary

Kombes Ade Ary Syam Indradi merupakan lulusan Akademi Polisi (Akpol) 98. Di Akpol, Ade Ary lulus dengan ranking 2.

Dia memulai karier di institusi Polri pada 1998 dengan jabatan Pamapta Polres Gresik. Tak lama kemudian, Ade Ary menjabat Kapolsek Panceng, dan dua tahun kemudian Kapolsek Sedati, yang juga wilayah hukum Polres Gresik.

Baca Juga :  Vaksinasi Ideologi 4 Pilar, Cegah Radikalisme dan Intoleransi

Karier Ade Ary makin melejit saat dipindah ke Polda Metro Jaya tahun 2005 dengan jabatan Perwira Unit (Panit) pada Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya. Selanjutnya, dia menjabat Kapolsek Jatiuwung Polres Metro Tangerang di tahun yang sama.

Dua tahun kemudian, tepatnya 2007, Ade Ary menjabat sebagai Kasat Reskrim Polres Tangerang Kabupaten. Kemudian, pada 2010, perwira kelahiran 10 September 1976 ini diangkat sebagai Kasat Reskrim Polres Metro Bekasi Kota.

Ade Ary juga pernah menjabat sebagai Wakil Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya pada 2017. Dan, pada 2019, dia menjabat sebagai Kapolresta Pontianak dan Kapolresta Tangerang.

Pada 2021, Ade Ary menjabat Direktur Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Daerah Istimewa Yogyakarta. Setelah itu menjabat sebagai Kabag Anev Robinopsnal Bareskrim Polri. Sekarang, Kombes Ade Ary mengemban tugas sebagai Kapolres Metro Jaksel.

Penulis : irwan 32
Editor : hadi.F

Comment