Pembukaan Pelatihan Petugas Pendataan Awal Regsosek 2022 Kabupaten Gunungkidul

MediaSuaraMabes, Yogyakarta – Pembukaan pelatihan petugas pendataan awal Registrasi sosial ekonomi atau Regsosek tahun 2022 kabupaten Gunungkidul di hotel Saphir Yogyakarta dibuka pada kamis 29 September 2022 oleh kepala BPS kabupaten Gunungkidul Rintang Awan Eltribakti Umbas pada gelombang II diikuti oleh petugas pendata lapangan sebanyak 262 orang, petugas pemeriksa lapangan sebanyak 68 orang tk 6 orang dengan instruktur daerah sebanyak 14 orang.

Dalam sambutannya menyampaikan hasil Regsosek 2022 merupakan data yang sangat penting karena data ini adalah data reformasi program perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat oleh karena itu petugas harus dibekali materi dengan pelatihan dalam rangka menyamakan konsep definisi dan memberikan petunjuk teknis ataupun SOP.

Petugas yang terlibat dalam pendataan awal Regsosek tahun 2022 yang meliputi petugas pendata lapangan, petugas pemeriksa lapangan dan koordinator sensus kecamatan.

Dalam buku panduan dijelaskan bahwa reformasi sistem perlindungan sosial diperlukan sebagai perbaikan mekanisme pelaksanaan program perlindungan sosial bagi seluruh warga negara berdasarkan kerentanan agar memenuhi prinsip tepat sasaran, tepat waktu, mudah, akuntabel, dan responsif terhadap kondisi bencana.

Terdapat enam prasyarat dalam reformasi sistem perlindungan sosial. Prasyarat utamanya adalah transformasi data menuju Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) seluruh penduduk.

Transformasi data menuju Regsosek merupakan upaya perubahan penyediaan data sosial ekonomi yang bersifat sektoral menjadi data yang terintegrasi dan akurat. Perubahan penyediaan data sosial ekonomi yang dimaksud meliputi cakupan seluruh penduduk Indonesia, standar dan metodologi yang sama, pemutakhiran reguler,mudah diakses dan dibagi pakaikan.

Pendataan Awal Regsosek akan menghasilkan data terpadu tidak hanya untuk program perlindungan sosial, melainkan keseluruhan program yang dibutuhkan masyarakat untuk kebijakan pemerintah yang lebih terarah.

Baca Juga :  Ketua DPD LLMB Pekanbaru,Datuk Panglima Muda ,Muhammad Uzer Serahkan Mandat Untuk Tiga Pengurus DPC  LLMB

Selain itu, juga digunakan untuk kepentingan perencanaan dan evaluasi pembangunan. Data regsosek akan menjembatani koordinasi dan berbagi pakai data lintas lembaga dan lintas daerah untuk memastikan pemakaian data yang konsisten.

Tujuan dari Pendataan Awal Regsosek adalah untuk menyediakan sistem dan basis data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi, dan tingkat kesejahteraan yang terhubung dengan data induk kependudukan serta basis data lainnya hingga tingkat desa/kelurahan.

Regsosek mencakup informasi kondisi sosial ekonomi yang meliputi sebagai berikut:

1. Kondisi sosioekonomi demografis.
2. Kondisi perumahan dan sanitasi air bersih.
3. Kepemilikan aset;
4. Kondisi kerentanan kelompok penduduk khusus;
5. Informasi geospasial;
6. Tingkat kesejahteraan; dan
7. Informasi sosial ekonomi lainnya.

Retno Widiyanti selaku ketua panitia penyelenggara pelatihan petugas Regsosek yang juga kasubag umum BPS kabupaten Gunungkidul dalam sambutannya memberikan penjelasan bahwa pelatihan ini diikuti oleh 1362 Petugas peserta meliputi 1070 petugas pendata lapangan petugas , 271pemeriksa lapangan dan 21 koordinator sensus kecamatan yang dibagi menjadi 4 gelombang pelatihan dan saat ini dilaksanakan gelombang ke dua.
(BEIJELLO)

Comment