Diduga PT BBA Saluran IPAL Langsung Mengalir Air limbah Berbusa Ke Drainase

MediaSuaraMabes, Batam –Batam dikenal kawasan perusahaan industri terbesar dikelola otorita Batam (OB) sistem pengolahan air limbah Kurang banyak temuan Ipal kurang maksimal, banyak juga berapa perusahaan bandel tidak peduli pada lingkungan dan kehutanan Masih ada membuang air limbahnya melalui drainase.

Terdapat Perusahaan Pakaian yang sedang berkembang pesat di Pulau Batam, PT. Bintan Bersatu Apparel merupakan Group Company dari Bodynits Group dipusat Singapura. Ada dugaan pembuangan langsung Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) atau IPAL tidak bagus jalan Orchard Boulevard, Belian, Kec. Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau 29444

Pembuangan Limbah air sudah diatur undang-undang (UU ) membuang limbah sembarangan dan tidak sesuai undang undang PP 22 tahun 2021 pasal 138, maka mereka bisa kena denda dan pidana.

Awak media dapat informasi terkait pembuangan IPAL langsung keparit memberikan lokasi PT tim media bergerak melihat langsung dilapangan yang di maksud inisial W memang benar ada saluran yang dikatakannya. Nama tidak mau gubris kemedia.

Ketua LSM lingkungan hidup dan kehutanan Sofyan M yahya angkat bicara menjelaskan bahwa perusahaan yang mengolahan limbahnya tidak memenuhi ambang batas baku mutu air bersih. pasti banyak perusahaan yang bandel juga. Diduga mereka mungkin tidak punya atau membuat Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) sendiri. Dari Ipal tersebut kemukinan langsung Membuang air limbah tanpa diolah terlebih dulu’ Kalau buang air limbah drainase pasti mengalir kelaut ada dampak pada pencemaran Lingkungan hidup ucapnya.

Lanjut Sofyan “Sebenarnya perusahaan harus memenuhi kewajiban membuat Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) sendiri. Limbah tersebut harus diolah dulu sebelum dibuang ke saluran umum. Air yang dibuang ke saluran parit harus melalui proses IPAL dan memenuhi standar baku mutu air, dalam waktu dekat akan menyurati DPRD kota Batam dan kami’ bawa konsultan sendiri melakukan pada perusahaan tidak punya Ipal membuang langsung limbah keparit akan heering DPRD kota Batam ke Imbuhnya.

Baca Juga :  Petinggi Pecangaan Kulon Berikan Apresiasi Para Peternak Kambing TKM

Hasil investigasi di lapangan temuan banyak perusahaan Batam tidak ada Ipal dan kurang maksimal Ipal air baku mutu kurang bagus di buang kepari air berbusa, LSM ALUN minta perusahaan yang ada kota Batam membuat Ipal benar menghasilkan industri air bersih dan sehat pungkasnya Sofyan

Awak media wawancara Salah satu perwakilan PT BBA menjelaskan manager HR tidak bisa menemui awak media untuk klrafikasi dan informasi kedepannya juga tidak tahu ada lagi agenda pertemuan, dikarenakan ada rapat berhari hari yang di lakukan oleh mengejer kami”ucapnya Hilda sampai’kan langsung ruang pertemuan kontor PT BBA.

Wakil Ketua III DPRD Kota Batam Ahmad Surya, anggota DPRD Kota Batam konfirmasi salah satu rekan media terkait dugaan pembuangan IPAL langsung ke drainase sampai berita terbit belum ada tanggapan dari Ahmad Surya. 12/8/2022 (zul)

Comment