Dandim 1310/Bitung, Letkol Arm Yoki Efriandi, M.Han., Lakukan Panen Perdana Jagung di Lahan Ketahanan Pangan Kodim 1310/Bitung

MediaSuaraMabes, Minahasa Utara – Bertempat di kebun ketahanan pangan milik Koramil 1310-06/Airmadidi Kodim 1310/Bitung tepatnya di Jalan SBY Kelurahan Airmadidi atas Kec. Airmadidi Kab. Minahasa Utara, telah dilaksanakan kegiatan panen perdana Jagung yang dipimpin langsung Dandim 1310/Bitung Letkol Arm Yoki Efriandi, M.Han., Kamis (04/08/2022).

Hadir pada kegiatan tersebut, Kadis Pertanian Ir. Wangke Karundeng, Camat Airmadidi Bpk. Rocky Tangkulung, S.Sos., Wadanramil 1310-06/Airmadidi Letda Inf Adri Malinti, Personel Koramil 1310-06/Airmadidi, Persit Ranting 7 Koramil 06 Airmadidi 6 orang, dan Insan media sebanyak 6 Orang.

Dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan nasional, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) dalam hal ini Kodim 1310/Bitung menggelar panen jagung perdana di perkebunan jagung seluas 1 hektar milik Koramil 1310-06/Airmadidi.

Dandim 1310/Bitung Letkol Arm Yoki Efriandi, M.Han., mengatakan, sekarang ini Presiden RI Joko Widodo sudah menyampaikan bahwa saat ini banyak negara yang rawan atau krisis bahan makanan. Kita tidak ingin Indonesia yang subur makmur ini menjadi krisis bahan makanan. Untuk itu, mari kita bersama-sama dengan segenap komponen masyarakat dengan Dinas Pertanian selaku pemangku kepentingan, camat selaku yang punya wilayah kita sama-sama menghimbau kepada masyarakat untuk giat menanam guna pengembangan ketahanan pangan.

“Yang harus dipertahankan adalah kedaulatan pangan bukan lagi ketahanan pangan. Kalau ketahanan pangan mungkin kita bisa beli. Tetapi, kalau kedaulatan pangan, kita bisa menghasilkan sendiri untuk kita sendiri dan kalau ada lebihnya bisa meningkatkan ekonomi,” ucap Dandim.

Disampaikannya juga, mudah-mudahan kedepan Kodim 1310/Bitung akan makin mengintensifkan kegiatan ini. Seluruh Koramil Jajaran termasuk Makodim 1310/Bitung sendiri, harus memiliki lahan yang bisa kita pinjam dan kita manfaatkan untuk ditanami dengan tanaman-tanaman pangan misalnya jagung ataupun umbi-umbian yang hasilnya untuk operasional penanaman, minimal untuk cadangan bahan makanan.

Baca Juga :  Dandim 0719/Jepara Hadiri Pengukuhan Dan Pelepasan Kontingen Porprov Jateng XVI

Menurut Dandim, Indonesia ini banyak yang asal usulnya dari petani tetapi setelah punya profesi lupa bagaimana menjadi petani lupa bisa menanam, lupa bisa mengolah sehingga karakteristik masyarakat Indonesia sekarang semuanya serba beli.

“Serai beli, Jahe beli, apalagi Tomat, Cabe pasti akan beli. Kalau kita bisa menanam sendiri kenapa harus beli, itu yang sedang saya ajarkan pada para anggota. Penghasilan atau pengeluaran-pengeluaran yang kecil itu kalau bisa diatur dari sejak awal itu pasti akan lebih banyak yang bisa diminimalisir,” tuturnya.

Ia menambahkan, hasil panen dipakai untuk operasional ketahanan pangan dan dibagikan kepada masyarakat untuk dikelolah sehingga kedaulatan pangan akan terus menerus dikembangkan.

”Terima kasih banyak kepada Bapak Kadis Pertanian bersama staf, Camat Airmadidi, juga Wadanramil 1310-06/Airmadidi bersama anggota, yang telah bekerja sama dalam upaya pengembangan program ketahanan pangan, semoga hubungan ini kedepannya makin lebih erat lagi dan kegiatan seperti ini bisa di kembangkan guna memupuk ikatan tali silaturahmi yang baik. Koramil 1310-03/Likupang juga mulai persiapan untuk panen, kemudian nanti Koramil 1310-02/Lembeh, kemudian Koramil 1310-01/Bitung dan Koramil 1310-05/Kauditan sedang dalam masa penyiapan lahan,” tutup Dandim.

Pada akhir kegiatan, dilakukan penyerahan secara simbolis hasil panen kepada perwakilan masyarakat kurang mampu oleh Dandim 1310/Bitung Letkol Arm Yoki Efriandi, M.Han., Kadis Pertanian Minut Ir. Wangke Karundeng dan Camat Airmadidi Bpk. Rocky Tangkulung, S.Sos. (DL)

Comment