Desa Ngepeh Gelontorkan Dana Desa untuk Ternak sapi Di Tiga kelompok

MediaSuaraMabes, Madiun – Program ketahanan pangan yang bersumber dari Dana Desa tahun 2022 direalisasikan oleh Desa Ngepeh Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun Jawa Timur berupa sapi kepada 3 kelompok masyarakat ( POKMAS). Program tersebut DiGelontorkan dengan jumlah dana Rp 90.000.000 Dengan jumlah 9 sapi. Realisasi ternak sapi ini tujuannya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat DiDesa tersebut.senin 27/6/22.

Selain itu ada sistem bagi hasil keuntungan yang disepakati 80% untuk kelompok masyarakat dan 20% untuk Pendapatan Asli Desa(PAD) Dan Semua itu di jabarkan dalam Peraturan kepala desa Ngepeh.
Denny selaku kepala desa Ngepeh menerangkan bahwa tujuan program tersebut adalah untuk Kesejahteraan masyarakat secara bersama-sama ke Depannya selain itu Program tersebut juga merupakan sebuah langkah dan terobosan baru selain infrastruktur pembangunan.

Penyerahan program ketahanan pangan oleh kepala desa berupa sembilan ekor sapi Di desa ngepeh turut Dihadiri babinsa juga bhabinkamtibmas yang menjadi bagian dari pemerintahan desa ngepeh kecamatan saradan kabupaten madiun.

“Hari ini kita lakukan penyerahan sapi kepada tiga kelompok ternak yang ada di desa ini dengan jumlah sembilan ekor dimana kedepannya sapi-sapi ini akan di kembang biakkan oleh mereka para kelompok ternak dengan sistem pembagian hasil seperti yang sudah di tuangkan pada perdes yang ada di desa ini dan telah di sepakati sebesar 80% untuk warga dan 20% untuk desa yang dimasukkan dalam penghasilan asli desa(PAD) untuk mendongkrak peningkatan PAD.Dan pada saatnya ternak sapi ini nanti juga akan menjadi salah satu unit di dalam Badan usaha milik desa(BUMDES) Mandiri Desa Ngepeh Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun.”terang kades ngepeh”.

Pastinya setiap tahun akan kita tambah jumlah sapi ini agar cepat mendongkrak meningkatnya PAD dimana apabila PAD meningkat artinya kesejahteraan masyarakat juga otomatis akan meningkat.”imbuhnya”.

Baca Juga :  Lagi Asyik Main Biliar, Residivis Kambuhan Diciduk Polisi

Pewarta :rengga wakabiro madiun
Editor : eko.s

Comment