Kegiatan Program Kampung Nelayan Maju (KALAJU) Oleh Dinas KKP Kabupaten Bengkayang

MediaSuaraMabes, Bengkayang-Kalbar –Pada hari Rabu tanggal 22/06/2022 sekira pukul 19.30 Wib dilaksanakan Pembahasan Kampung Nelayan Maju (KALAJU) oleh Dinas Kementerian Kelautan dan Perikanan di Dusun Sungai Soga Desa Karimunting Kecamatan Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang.

“Taufik Urahman,S.I.P mengatakan kepada awak media melalui Whatsap kegiatan tersebut dengan susunan acara sebagai berikut,Pembukaan doa,sambutan ketua kelompok usah bersama,sambutan kepala desa karimunting,sambutan anggota DPRD Bengkayang,penyampaian materi oleh dinas kelautan dan perikanan kabupaten Bengkayang,diskusi,penutup.

“Dalam kegiatan tersebut Plt.Kadis Kelautan dan Perikanan Kab.Bengkayang Erlanus, SP. MP, Anggota Dewan Kab Bengkayang Farman,SH, Danramil 1202 Sungai Raya SERMA MARYO, Kepala Desa Karimunting Iskandar,S.Pd, Ps.Kanit Binmas Polsek Sungai Raya Kepulauan Bribka Taufik Urahman,S.I.P, Babinsa Desa Karimunting Sertu Sugiyanto, Penyuluh Perikanan Siska, Kepala Dusun Sungai Soga Iskandar,S.Pd, Ketua Kelompok Usaha Bersama Burung Camar Yusianto

Ketua Kelompok Nelayan berjumlah 4 kelompok Perwakilan Nelayan Sungai Soga

“Penyampaian Materi disampaikan oleh Erlianus, SP,MP Kadis Kelautan dan Perikanan Kab Bengkayang dengan materi yang disampaikan Pengertian tentang Kampung Nelayan Maju,Manfaat Kampung Nelayan Maju bagi masyarakat,Memotivasi warga agar bersemangat dan serius untuk melaksanakan program Kampung Nelayan Maju,Dengan terpilihnya Dusun Sungai Soga sebagai KALAJU yang ditunjuk langsung oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan yang berjumlah 120 KALAJU seluruh Indonesia.

“Peningkatan Infrastruktur seperti Stegher, Tempat Pelelangan Ikan(TPI), alat tangkap maupun kebutuhan nelayan yang lain untuk mendukung hasil nelayan yang akan di ajukan ke Kementerian Kelautan dan Perikanan.

“Kegiatan tersebut selesai sekita pukul 21.50 Wib, selama kegiatan berlangsung, situasi dalam keadaan aman dan tetkendali tutur Taufik Urahman,S.I.P

“Tujuan program KALAJU adalah untuk mewujudkan lingkungan yang bersih,sehat dan nyaman serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat,khususnya nelayan dengan memeberikan bantuan sarana dan prasarana penataan kampung nelayan dengan memperbaiki fasilitas umum sebagai awal mula dari program KALAJU.

Baca Juga :  Memperingati HUT Satpam ke 41, Sat Binmas Polres Beltim dan Perwakilan Satpam Bersih-Bersih TPU di Kelapa Kampit

“Untuk mendukung dan mengoptimalkan program KALAJU, Dinas KKP juga menggandeng kementerian dan lembaga terkait untuk bersinergi dan juga melibatkan swasta dan BUMN untuk fasilitasi pemanfaatan dana Corporate Social Responsibility (CSR), perguruan tinggi melalui program KKN, lembaga permodalan serta organisasi kemasyarakatan untuk berkontribusi dalam upaya percepatan program KALAJU di Dusun Sungai Soga.

“Tidak menutup kemungkinan program KALAJU tersebut tidak maksimal atau sucses dalam pelaksanaannya jika tidak secara maksimal dilakukan pengawasan maupun pembinaan secara rutin dari KKP maupun Dinas terkait karena program KALAJU merupakan program baru diwilayah Kabupaten Bengkayang.

“Dan kemungkinan jika bantuan untuk Kelompok Nelayan yang terpilih menjadi sasaran KALAJU akan menimbulkan kecemburuan sosial dari Kelompok Nelayan lain yang berada di sekitar wilayah Kecamatan Sungai Raya Kepulauan.

“Langkah-langkah yang akan dilakukan mencari informasi melakukan koordinasi dan penggalangan mengikuti kegiatan melaporkan kepada Pimpinan/membuat Laporan.

“Dengan telah dilaksanakannya Kegiatan Penjelasan Materi tentang Program Kampung Nelayan Maju (KALAJU) oleh Dinas Kementerian Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bengkayang diharapkan kepada Bhabinkamtibmas untuk melaksanakan monitoring setiap bantuan yang akan diserahkan kepada kelompok nelayan tutup Taufik Urahman, S.I.P

Comment