Peran Penting KSB Dalam Menangani Bencana

MediaSuaraMabes, Yogyakarta – Guna mebangun kewaspadaan dan tanggap bencana pada masyarakat, Dinas Sosial D.I.Yogyakarta gelar Pengukuhan Tim Kampung Siaga Bencana (KSB) Kalurahan Banyuroto Kapanewon Nanggulan, Kamis (23/06)

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Sosial DIY, Pj. Bupati Kulon Progo, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kulon Progo, Panewu Nanggulan

Kepala Dinas Sosial DIY Endang Patmintarsih, SH.MSi menyampaikan pengukuhan ini bertujuan untuk menciptakan kesiapsiagaan dan tanggap bencana berbasis pemberdayaan masyarakat sehingga diharapkan masyarakat dapat dan mampu menangani bencana secara dini dan mandiri.

“Kita berdayakan masyarakat agar mereka mengetahui cara menangani bencana sejak dini,jadi mereka bisa untuk langsung bergerak saat terjadi bencana dan ini yang kita tekankan untuk KSB di Banyuroto ini, mudah-mudahan KSB berbasis masyarakat ini dapat membantu masyarakat setempat ketika terjadi bencana,” kata Endang.

Lanjut Endang,bahwa Dinsos D.I,Yogyakarta sampai saat ini telah mengukuhkan 53 KSB di D.I.Yogyakarta dan di Kabupaten Kulon Progo sendiri telah mencapai 12 KSB. Direncanakan KSB akan disiapkan diseluruh desa/kalurahan, karena menurutnya wilayah DIY merupakan wilayah rawan bencana khususnya di wilayah Kulon Progo.

“KSB sangat berperan penting, harapannya setiap desa ada KSB, karena di wilayah DIY merupakan wilayah rawan bencana khususnya di Kulon Progo ini titik-titik rawan bencana ini sangat banyak,”jelas Endang.

Sementara itu Pj Bupati Kulon Progo Tri Sakti mendukung sepenuhnya dengan dikukuhkannya KSB ini, sebagai wujud nyata terhadap upaya pengurangan resiko bencana berbasis masyarakat di Kabupaten Kulon Progo yang banyak memiliki wilayah titik rawan bencana alam.

“Sekarang ini penanganan bencana telah bergeser tidak hanya responsif tetapi juga pencegahan,kita menyiapkan diri agar selalu siap apabila terjadi bencana mendadak,kita bersiap untuk yang terburuk namun kita berdoa untuk yang terbaik” tutup Tri.

Baca Juga :  FORKGAP Gelar Rapat Persiapan Pelantikan Pengurus Pusat

Comment