Kolaborasi Silat Besan Betawi bersama Sehaty & Konas Menwa Indonesia gelar Santunan Yatim dan Bukber Di akhir Romadhan

MediaSuaraMabes, Jakarta – Silahturahmi Bersama Anak Nusantara atau di singkat Silat Besan Betawi (SBB) adalah organisasi paguyuban etnis Betawi bersama warga lintas etnis yang tinggal di Jakarta guna mengedepankan pemberdayaan seni-budaya Betawi sebagai bentuk pelestarian kearifan lokal di kota Jakarta.

SBB yang dideklarasikan oleh sejumlah tokoh masyarakat Betawi saat Bakti sosial di Mampang Prapatan pada tahun 2020 yang di hadiri oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Ariza Patria. Dan aktif dalam berbagai kegiatan Sosial Masyarakat memerangi pandemi covid 19.

Dalam perjalanannya organ ini melebur dalam organisasi Sahabat Selalu di Hati (SEHATY), dan fokus dalam upaya pengembangan dan pelestarian budaya Betawi.

Dalam bulan Ramadhan 1443 H/2022 M, Silat Besan Betawi bersama2 dgn beberapa badan otonom SEHATY lainnya seperti Brigade SEHATY dan Sister SEHATY merangkul Komando Nasional Resimen Mahasiswa Indonesia (Konas Menwa) melaksanakan kegiatan Bakti Peduli Romadhan 1443 H/2022 M. Kegiatan di laksanakan menjelang akhir Romadhan pada Jumat, 29 April 2022 di Gedung BIPI lt 4, Cempaka Putih.

Acara Kolaborasi Sosial ini berupa santunan dan pembagian sembako pada 150 anak yatim dan para petugas sekurity dan kebersihan di lingkungan gedung BIPI tersebut. Bantuan di serahkan secara simbolis oleh beberapa tamu penting yang menghadiri kegiatan tersebut.

Karena berhalangan hadir Wagub DKI Jakarta Ariza Patria mengutus Walikota Jakarta Pusat yg di wakili oleh Wakil Walikota Jakarta Pusat, H. Irwandi untuk membuka Acara tersebut. Tampak turut hadir dalam acara tersebut, Ketua umum DPN SEHATY Erwin H Al-Jakartaty, Ketua Sister SEHATY Elsy Damayanti, Ketua Brigade SEHATY Farisil Syarif, Camat Cempaka Putih, Pak Andry serta Danmenwa Jayakarta Raden Umar.

Baca Juga :  Kapolri Kejar Target Akselerasi Vaksinasi Booster

Dalam sambutannya, Irwandi menegaskan bahwa SBB bersama Sehaty dan juga Menwa selama ini cukup konsisten dan atratif dalam memberikan kepedulian terhadap sesama, khususnya mereka yg sangat membutuhkan perhatian dan sentuhan sosial dari kita. Dan kegiatan ini sejalan dengan program Pemprov DKI Jakarta selamat Ramadhan untuk berkegiatan sosial, menyalurkan bantuan kepada mrk yang membutuhkan,” ujar Irwandi yang juga Ketua Ikatan Keluarga Minang (IKM) DKI Jakarta ini.

Sementara ketua Umum DPN SEHATY Erwin H Al-Jakartaty mengatakan bahwa, “SBB sebagai organisasi sosial kemasyarakatan berbasis budaya Betawi harus terus mengembangkan jaringan dengan merangkul berbagai kelompok organisasi dalam berkegiatan Sosial. Juga untuk menguatkan konsepsi silahturahmi sesama anak bangsa yg merupakan Visi misi organisasi,” kata Erwin H Al-Jakartaty yg juga Wadankonas Menwa Indonesia ini.

Kegiatan ini juga mendapat kan dukungan dari beberapa perusahaan seperti Transjakarta dan PT Bogasari. Sebagai bagian dari komitmen bersama untuk mewujudkan Jakarta sebagai Kota Kolaborasi.

Penyelenggara kegiatan, Ahmad Zubaedy dan Farisil Syarief, mengucapkan terima kasih kepada para pimpinan organisasi dan pihak2 yang telah membantu suksesnya penyelenggaraan kegiatan kolaborasi sosial ini. Dan bersyukur dapat tetap berbakti ke masyarakat dalam ramadhan ini.

Comment