SAR Provinsi Jateng Tingkatkan Kemampuan Melalui Pelatihan

MediaSuaraMabes, Jepara – Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang menyelenggarakan pelatihan teknis pertolongan di permukaan air bagi potensi (Search and Rescue/SAR).
Kegiatan yang direncanakan berlangsung selama 5 (lima) hari kedepan dan dimulai hari Senin ini tanggal 14 Maret sampai hari Sabtu tanggal 19 Maret 2022. Dan secara resmi telah dibuka pagi tadi pukul : 09.45 Wib, oleh Kepala Pelaksana BPBD Semarang, provinsi Jawa tengah Heri Sudaryanto.

Sebanyak 50 orang peserta dari unsur potensi pencarian dan pertolongan yang berada di wilayah Kabupaten Jepara dan sekitarnya. Juga melibatkan beberapa unsur dalam kegiatan Latihan Potensi SAR 2022 ini, diantaranya dari unsur TNI dan POLRI, serta lembaga Pemerintah maupun swasta, termasuk juga organisasi masyarakat.

Sedangkan materi yang disampaikan dalam bentuk praktek mengenai teknik pertolongan di permukaan air yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam memberikan pertolongan pertama terhadap korban kecelakaan di perairan.

Heri Sudaryanto berpesan agar tetap menjalin sinergi dan solidaritas antara Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang dengan potensi SAR kabupaten Jepara dan umumnya di Jawa Tengah.

“Sinergi dan kolaborasi pemangku kepentingan SAR dengan masyarakat menjadi sangat penting, agar masyarakat mampu mengembangkan potensi SAR, memberikan pertolongan terhadap korban kecelakaan dan bencana serta mampu bahu membahu mengatasi dampak bencana atas dasar solidaritas dan kemanusiaan.” Ucapnya.

“Pelatihan ini dilaksanakan dengan tetap menjaga protokol kesehatan, dan ngikuti petunjuk instruktur dan SOP yang berlaku serta utamakan keselamatan dan keamanan saat berlatih.” imbaunya.(Yusron -ALMIJ)

Baca Juga :  Tradisi Ngejalang Kuburan Pusaka Tambak Balak Pekon Gunung Kemala Berjalan Khitmad

Comment