85 Tukik Dilepas Sebagai Bentuk Ikut Menjaga Kelestarian Ekosistem Penyu

MediaSuaraMabes, Jepara – Pada hari Jumat, 11-3-2022 kemarin. Bupati Jepara Dian kristiandi sedang mengadakan kunjungan ke Karimunjawa. Dalam Kunjungan tersebut Andi mengajak semua masyarakat khususnya warga setempat agar ikut serta untuk menjaga ekosistem penyu. Habitat ini merupakan salah satu biota laut yang saat ini membutuhkan perhatian dan perlu dilindungi.

Hal itu ditandai oleh Andi dengan melepasliarkan puluhan tukik atau anak penyu ke habitatnya pada Jum’at sore kemarin saat berada di Pulau Parang, dari 85 tukik itu mayoritas berjenis penyu sisik dan penyu hijau. Dalam pelepasan itu Andi didampingi langsung Balai Taman Nasional (BTN) Karimunjawa. “Wilayah Karimunjawa ini merupakan tempat atau habitat perkembangbiakan penyu, sehingga harus dijaga dan dilestarikan, sehingga kita harus berupaya dan ikut menjaga konservasi alam agar hewan penyu ini tidak punah,” kata Andi.

. Oeh karena itu ia mendorong masyarakat agar menjaga habitat penyu dan tidak menangkapnya. “Supaya penyu ini tidak hanya jadi cerita kelak, tetapi bisa dilihat anak-anak kita, maka itu saya harapkan agar kita semua ikut menjaganya dan melestarikan, juga tidak melakukan penangkapan habitat penyu,” Ungkapnya Dian Kristiandi.

Sedangkan menurut Balai Taman Nasional dan Pengendali Ekosistem Hutan Karimunjawa Kuswadi mengatakan, di Kepulauan Karimunjawa, populasi penyu semakin kecil. Namun, Balai Taman Nasional Karimunjawa berupaya untuk melestarikan. Sejak tahun 2003 yang semula hanya 200 penyu, sekarang sudah sekitar 500an penyu, ucapnya.

“Beberapa upaya juga terus kami lakukan dan salah satunya juga sering memberikan edukasi kepada masyarakat, agar tidak melakukan menangkap penyu dan juga himbauan jika mendapati penyu untuk dilepaskan ke habitatnya ,” pungkasnya. (Yusron -ALMIJ)

Baca Juga :  Yanto Angkat Bicara Terkait Video Pesta Ala Sultan di Kota Batam, Ini Penjelasanya.

Comment