Bupati Sigi Ikut Video Conference Forum Group Discussion Bersama Kemendes PDTT

MediaSuaraMabes, Sigi – Bupati Sigi Mohamad Irwan mengikuti Video Conference Forum Group Discussion dengan tema “Mendorong Kemandirian Desa untuk Sulawesi Tengah yang Lebih Berdaya Saing” bersama Kemendes PDTT. Sabtu (5/3/21). Bupati dalam dialog menyampaikan, berkaca dari pengalaman di pemerintahan di Kabupaten Sigi.

Ada beberapa poin penting yang perlu di perhatikan diantaranya adalah bagaimana melakukan penguatan kelembagaan sebab ini berkaitan dengan aturan-aturan atau mekanisme yang memiliki kekuatan hukum sehingga program-program untuk Mendorong Kemandirian Desa Provinsi Sulawesi yang di inginkan oleh gubernur dapat diterjemahkan oleh para kepala daerah kabupaten/kota .

Selanjutnya adalah pada aspek penguatan Kapasitas sumber daya Para perangkat Desa itu sendiri karena Desa mandiri berarti kapasitas sumber daya aparaturnya sudah sangat baik sehingga bisa menguasai metode pemasaran baik secara konvensional dan modern seperti jaman digitalisasi saat ini dan hal tersebut tak luput dari peran serta para pendamping desa yang ada.

Untuk Mendorong Kemandirian Desa untuk Sulawesi Tengah yang Lebih Berdaya Saing bupati mengatakan perlu adanya komitmen dan bukan hanya komitmen para aparat sipil di tingkat desa tetapi juga komitmen para kepada daerah dan pihak terkait sehingga adanya korelasi dalam penyusunan program unggulan untuk pengimplementasian konsep Penta Helix dalam pengembangan potensi desa “pungkasnya”.

Kegaiatan tersebut juga dihadiri secara luring oleh Tenaga Ahli gubernur Sulawesi Tengah, Direktur Advokasi dan Kerjasama Desa dan Pedesaan Kemndes PDTT,Kepala Dinas PMD provinsi Sulawesi Tengah,Kepala Dinas PMD kabupaten Sigi,para akademisi dan para Kepala desa di berapa desa di kabupaten Sigi.

Baca Juga :  Polres Pohuwato Dan TNI Lakukan Patroli Untuk Mendisiplinkan Masyarakan Patuhi Prokes

Comment