Peringatan HUT Basarnas Ke-50 di Kantor SAR Lampung

MediaSuaraMabes, Lampung – Pada tanggal 28 Februari genap setengah abad Basarnas hadir di tengah tengah masyarakat untuk melaksanakan sebagian tugas pemerintah di bidang pencarian dan pertolongan. Berkaitan dengan dengan lembaga ini, Kantor SAR Lampung melaksanakan puncak HUT Basarnas  yang ke-50 dengan menggelar upacara dan syukuran, Selasa (01/03). Pelaksanaan upacara tersebut mundur 1 hari dikarenakan pada hari Senin bertepatan dengan hari raya Isra Mi’raj. Pelaksanaan upacara ini diadakan secara serentak di seluruh kantor SAR dan Basarnas pusat.

Pelaksanaan Upacara di Kantor SAR Lampung diikuti oleh seluruh personil Kantor SAR Lampung, baik dari rescuer dan ABK (krew kapal) dari KN SAR Basudewa dan dihadiri juga oleh Dharma Wanita Persatuan Kantor SAR Lampung. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kepala Kantor SAR Lampung Jumaril, S.E., M.M. membacakan amanat dari Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi. Dalam amanatnya beliau menyampaikan bahwa terdapat 4 pilar utama dalam keberhasilan Operasi SAR yang perlu ditingkatkan Basarnas di usianya yang ke-50 2022 ini.

Empat Pilar tersebut adalah yang pertama sumber daya manusia yang mumpuni, kedua sarana prasarana yang memadai, ketiga adukungan dari potensi SAR, dan yang terakhir publikasi. “Jejak -jejak keberhasilan dalam berbagai penyelenggaraan operasi SAR selama ini telah menghadirkan kepercayaan yang besar dari masyarakat, tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga luar negeri,” kata Jumaril.

Reputasi ini harus dipertahankan, dan kredibilitas tim SAR juga diharapkan mampu memberikan kontribusi bagi pembangunan nasional. Dengan tim SAR yang handal diharapkan mampu memberikan rasa aman dan nyaman kpd masyarakat dlm melaksanakan segala aktifitasnya. Karena itulah tema Basarnas Emas tahun ini adalah “Cepat Tanggap Untuk Indonesia Maju.”

Baca Juga :  Kunjungan PIKK UBP Saguling Ke UMKM Vokasi Disabilitas

“Saya berpesan kepada seluruh pegawai di lingkungan Basarnas agar tetap bekerja dengan semangat yg tinggi, berintegritas, selalu meningkatkan kemampuan dan yg terakhir tingkatkan komunikasi dan koordinasi serta kerja sama dengan potensi SAR,”pesan Kabasarnas Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi.

Setelah Upacara Peringatan HUT Basarnas ke 50, acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng bersama seluruh anggota dan dharmawanita yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia secara virtual atau daring. Acara ini merupakan wujud syukur dan ajang silaturahmi atas usia Basarnas yang memasuki setengah abad atau 50 tahun. Peringatan HUT Basarnas ke 50 dilaksanakan khusus internal Basarnas dengan protokol kesehatan yang ketat mengingat pandemi yang belum berakhir. (Rif/hms)

Comment