Tokoh Muda Papua Steve Mara Mengapresiasi Diskursus Pemolisian Polda Papua

MediaSuaraMabes, Jayapura – Diskursus Pemolisian Polda Papua menuju Papua yang damai dan sejahtera saat ini sedang dilakukan oleh Polda Papua. Hal ini ditujukan untuk membangun pendekatan dengan masyarakat secara humanis atau soft approach policing. jumat 18 februari 2022

Salah satu konsep pendekatan yang dijalankan Polda Papua adalah Binmas Noken. Binmas atau Bina Masyarakat yang dipadukan dengan nama Noken sebagai kearifan lokal memiliki makna yang sangat dalam yaitu mendukung masyarakat Papua untuk hidup makmur dan luhur.

Binmas Noken diimplemeentasikan dengan nama kearifan masyarakat lokal, yaitu: Kasuari (Kesejahteraan Untuk Anak Negeri), Koteka (Komunikasi Tokoh Elit Kamtibmas), Si-ipar (Polisi Pi-Ajar), Peka (Peduli Kamtibmas), Matoa (Millennial Torang Maju), Papeda (Pemuda Pemudi Cendekia), TIFA (Torang Insan Faham Adat: Madarwis), Keladi Sagu (Kesehatan Lambang Diri-Sehat Guna), Gempita (Gembala Pelita Kamtibmas) dan Pace-Pol.

Oleh sebab itu Polda Papua akan menjalankan Operasi Damai Cartenz dan Rasaka (Rastra Samara Kasih) 2022.

Operasi Damai Cartenz dikatakan sebagai transformasi dari Operasi Nemangkawi. Sementara Operasi Rasaka dari Bahasa Sansekerta, yaitu Rasaka (Rasta Samara Kasih), Rastra: Bangsa, Samara: Penjaga, dan Kasih yang memiliki arti rasa memiliki dan menyayangi, bagaimana memberikan yang terbaik untuk orang lain. Sedangkan nama Cartenz diambil dari nama puncak gunung tertinggi di Indonesia yang berada di Papua.

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, S.I.K mengatakan bahwa program yang dilakukan oleh Polda Papua ini untuk mewujudkan Interaksi yang baik antara Polri dan Masyarakat serta untuk mendapatkan hati dan pikiran masyarakat Papua.

Hal tersebut pun mendapatkan apresiasi penuh dari berbagai pihak, salah satunya datang dari Tokoh Muda Indonesia asal Papua Steve Mara.

Baca Juga :  IPAL Ditolak Lantaran Lokasinya Di Tengah Jalan Pemukiman, Tomas Tongkaina Bahowo Angkat Bicara

Steve Mara mengatakan bahwa kami sangat mengapresiasi Diskursus Pemolisian yang dilakukan oleh Polda Papua dengan program seperti Binmas Noken, Operasi Damai Cartenz dan Rasaka. Membangun budaya damai adalah tanggung jawab kita bersama dan harus dilakukan dengan strategi yang tepat. Kapolda Papua telah melakukan langkah yang tepat untuk menciptakan damai yang positif di Papua, bahwa Operasi dengan menggunakan kekuatan persenjataan harus diganti dengan Operasi Damai.

Kami berharap Operasi Damai Cartenz yang dilakukan oleh Polda Papua ini harus dicontohi oleh Polda seluruh Indonesia, dengan menggunakan nama puncak gunung tertinggi di Indonesia artinya Damai Cartenz adalah puncak yang harus dituju oleh Indonesia menuju Indonesia Emas tahun 2045.

Konsep pemikiran damai harus terus dibangun ditubuh Polri agar Kepolisian tidak hanya menjaga keamanan dan ketertiban tetapi juga menciptakan damai ditengah masyarakat. Harapan Kami Program ini dapat terlaksana dengan baik, Polda Papua menjadi contoh untuk Polda Seluruh Indonesia dan untuk membawa konsep ini ketingkat Nasional.
Jayapura, 16 Januari 2022

Comment