Dalam Rangka Penyusunan Manajemen Talenta, Bupati Buol Membuka Pelaksanaan Uji Kompetensi Pemda Kabupaten Buol.

MediaSuaraMabes, BUOL — Bupati Buol dr. H. Amirudin Rauf, Sp.Og, M.Si hadir sekaligus membuka pelaksanaan Uji Kompetensi dan Potensi serta Pengukuran Kinerja Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Pejabat Administrator. Dalam rangka penyusunan Manajemen Talenta dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Buol Kerjasama Tim BKN Regional IV Makassar. bertempat di Aula CAT BKPSDM Kabupaten Buol.Senin, 17 Januari 2022. Pukul 09.00 Wita.

Hadir pula Wakil Bupati Buol, Sekretaris Daerah Kabupaten Buol, Kakanreg IV BKN Makassar, Auditor Asesor dan Ahli IT Tim BKN Regional IV Makassar dan seluruh Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan pejabat Administrator Kabupaten Buol yang akan mengikuti Uji Kompetensi.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017, Tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil bahwa untuk mendukung pengembangan karier, pengembangan kempetensi, pola karier, mutasi dan promosi yang obyektif, berkualitas dan transparan maka perlu dilakukan dengan menerapkan prinsip-prinsip Sistem Merit. Sejalan dengan Komitmen Pemerintah Daerah.

Kabupaten Buol untuk mewujudkan pelaksanaan Sistem Merit, maka hari ini dilaksanakan Uji Kompetensi dan Potensi serta Pengukuran Kinerja Pegawai ,Ini merupakan sebuah langkah yang baik dan perlu diapresiasi. Karena Kabupaten Buol merupakan Instansi Daerah pertama di Wilayah Kerja Kantor Regional IV BKN yang bekerja sama untuk dapat mewujudkan tata laksana Manajemen Talenta.yang dilakukan pada 189 Pegawai yang terdiri dari:

1. 26 Pejabat JPT Paratam Eselon II,
2. 51 Pejabat Administrator Eselon III.A
3.97 Pejabat Eselon III.B
4. 5 Pejabat Fungsional Madya;dan
5. 10 Pejabat Pelaksana (Eks Pejabat Eselon III).
Bupati Buol dalam sambutanya menyebutkan bahw Aparatur Sipil Negara (ASN), memiliki peran yang sangat penting dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik melalui pelaksanaan kebijakan dan pelayanan publik. Oleh sebab itu, untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dibutuhkan pegawai ASN yang bertalenta. Dalam hal ini adalah pegawai ASN yang memiliki performa, kompetensi, dan kinerja yang tinggi, serta profesionalisme, sehingga mereka dapat mendukung pembangunan nasional dan mampu beradaptasi dengan perubahan.

Baca Juga :  Musyarawah Desa Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Bandungrejo 2024

Salah satu strategi yang dilakukan pemerintah untuk mewujudkan dan meningkatkan kualitas pegawai ASN yaitu melalui manajemen talenta. Manajemen talenta merupakan suatu proses implementasi dari strategi atau sistem yang terintegrasi untuk meningkatkan kondisi lingkungan kerja dengan mengembangkan proses rekrutmen dan seleksi, pengembangan, pengikatan, dan mempertahankan pegawai yang memiliki keahlian dan bakat dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi di masa sekarang ini dan di masa yang akan datang.

” Sekali lagi kami sangat mengapresiasi seluruh Jajaran yang mengambil langkah yang baik dalam pemenuhan dan perwujudan system merit. Ini merupakan langkah yang luar biasa dan diharapkan bisa dilanjutkan pada aspek kepegawaian lainnya ” Ungkapnya.

lanjut Bupati menyampaikan bahwa semua tergantung dari sikap dan tanggungjawab sebagai seorang ASN, pimpinan menilai apa yang dikerjakan oleh para pegawai, tentunya jika berprestasi dan memiliki potensi, sudah pasti akan dilakukan promosi jabatan namun jika tidak memiliki prestasi apapun dan tidak berkinerja Jangan salahkan Pimpinan daerah jika tidak dilakukan promosi bahkan diturunkan sampai menonjobkan dari jabatan.

” Semua Bisa terjadi dalam proses karir seorang ASN, Pangkat Koperal tapi Jabatan Jenderal atau sebaliknya Pangkat Jenderal tapi Jabatan Kopral, semua tergantung sikap, perilaku dan tanggungjawab sebagai seorang ASN. Selamat mengikuti ujian semoga semua memperoleh hasil yang baik, amin. “. tandas Amirudin.

Comment