Ruslan Buat Gebrakan Baru Tingkatkan SDM Dalam Dunia Pendidikan

MediaSuaraMabes, Tanggamus – Dalam upaya meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di Tanggamus, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Tanggamus Ruslan, S.Pd., M.M.,melakukan asesmen bagi kepala sekolah dan guru se-Kabupaten Tanggamus yang sebelum nya dilakukan di tahun 2021 kini ditindaklanjuti di tahun ajaran 2022.

Ditengah situasi dan kondisi wabah Covid-19 yang sedang melanda bumi pertiwi, tak munyulutkan niatan baik Ruslan untuk mengevaluasi kinerja tenaga pendidik dan kepala sekolah di Tanggamus. Tujuannya untuk sebuah kemajuan yang nyata di mata masyarakat khususnya di daerah yang bertajuk Begawi Jejama ini.

Sebuah bentuk pengemasan visi dan misi yang memang sudah ia lakukan semenjak diangkat sebagai Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Tanggamus, bahwa memang tujuan yang tersirat di dalam hati, semata-mata untuk memberikan wajah baru dalam dunia pendidikan di Tanggamus.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Tanggamus Ruslan saat menjelaskan strategi peningkatan SDM di dunia pendidikan Kabupaten Tanggamus. Senin, (4/1/2022).

Oleh karena itu upaya-upaya yang beliau lakukan secara fositif diantaranya melaksanakan perumusan rencana program kegiatan, mengkoordinasikan, monitoring urusan administrasi umum, kepegawaian, keuangan, dan perencanaan evaluasi pelaporan.

Dalam kesempatan kali ini, Ruslan menindaklanjuti kegiatan yang sebelumnya dilakukan di tahun 2021 dan saat ini juga masih dengan agenda yang sama yaitu melakukan Asesmen bagi guru/tenaga pendidik, juga kepala sekolah di Tanggamus.

“Asesmen Kompotensi guru dan Tenaga Pendidk (AKGTK) adalah asesmen yang dilakukan pada guru dan tenaga kependidikan sebagai metode pengukuran yang komprehensif untuk mendiagnosis kelebihan dan kelemahan kemampuan pedagogik dan profesional GTK,” urainya, Senin (03/01/2022).

Ruslan menjelaskan, demi tercapainya mutu pendidikan tersebut, tentu Dinas Pendidikan Kabupaten Tanggamus perlu melakukan pemetaan bagi semua lini. Mulai dari Kepala Dinas, SPLP, MKKS, K3S dan juga kepala sekolah, sebagai perpanjangan tangan dinas pendidikan untuk dilibatkan dalam menyukseskan program dan langkah-Langkah asesmen bagi guru dan kepala sekolah se-Kabupaten Tanggamus tersebut.

Baca Juga :  BINMAS NOKEN SAMBANGI PETERNAK BABI DAN BERIKAN PENDAMPINGAN

“Dalam waktu dekat ini program yang paling menonjol adalah tindak lanjut asesmen bagi guru dan kepala sekolah, inilah yang akan kita lakukan sesegera mungkin demi mewujudkan mutu pendidikan di Kabupaten Tanggamus. Fokusnya disitu dulu untuk memaksimalkan kinerja guru dan kepala sekolah di masing-masing satuan pendidikan,” terang Ruslan.

Tak ubahnya asesmen bagi guru, Kepala sekolah juga pelu melakukan penilaian dan pemetaan talenta. Dilakukan melalui peningkatan kinerja dan penentuan tingkat potensia yang diantaranya dilakukan melalui penilaian potensi dan kompetensi dengan metode Assessment Kompetensi. Dalam rangka pemenuhan nilai kriteria potensial, Badan Kepegawaian Daerah melaksanakan kegiatan pemetaan dan penilaian kompetensi dan potensi bagi seluruh PNS yang dilakukan secara bertahap. (Riswan)

Comment