Berkekuatan 12 Ribu Personil, Barmas Siap Dukung Polri Amankan NATARU.

MediaSuaraMabes, SULUT — Barisan Masyarakat Adat Sulawesi Utara (Barmas) kembali menyiapkan pasukannya untuk ikut mendukung Polri mengamankan ibadah Natal dan Tahun Baru (Nataru) di wilayah Sulawesi Utara.

Ketua Barmas Sulut Defly Brando Lengkey melalui Tonaas Harian Barmas Sulut Jemy Jefri Toar yang dikenal dengan sapaan akrabnya Jeto mengungkapkan, pihaknya telah mempersiapkan pasukan untuk melakukan penjagaan di gedung-gedung ibadah dalam perayaan Nataru, berkoordinasi dengan Polri.

“Jumlah anggota Barmas Sulut tercatat sudah mencapai 12 ribu, dan mereka semua telah siap mengamankan jalannya ibadah Natal dan Tahun Baru di wilayahnya masing-masing,” ujar Tonaas Jeto seperti dikutip Sekretaris Barmas Sulut Fernando FX Melo, SE kepada ….. di Manado, Selasa, (21/12/2021).

Dijelaskan, pengamanan gedung ibadah di maksud agar tidak terjadi keributan, yang dapat mengganggu jalanya ibadah.

Menurutnya, di momen hari-hari besar seperti ini, sangat ramai dengan pemasangan kembang api, iring-iringan kendaraan yang menggunakan knalpot bising, bahkan hambatan, tantangan ancaman, gangguan serta serta gangguan-gangguan lainnya.

“Itu semua dapat mengganggu ketenangan dan kekhusyukan dalam jalanya ibadah, sehingga Barmas hadir di setiap gedung-gedung ibadah guna memastikan jalanya ibadah dengan lancar, aman, dan hikmat,” tegasnya.

Kagiatan pengamanan gedung-gedung ibadah tersebut, menurutnya, sudah menjadi kegiatan rutin Barmas Sulut perayaan hari besar umat Kristen Protestan, Muslim, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu.

“Jadi kegiatan ini adalah kegiatan rutin, yang dilaksanakan menyeluruh di enam agama yang di akui di negara kita Republik Indonesia yang kita cintai ini,” tandaanya.

Dengan jumlah anggota atau pasukan Barmas Sulut yang telah mencapai 12 ribu personil dan tersebar di Sulawesi Utara dipastikan mampu melakukan kegiatan pengawalan, penjagaan di wilayah masing-masing.

Baca Juga :  Pekerjaan Jalan Belum Selesai, Warga Minta Pemerintah Bertindak

“Intinya, kami pasukan Barmas Sulut yang berasal dari tiga etnis dan kearifan lokal siap dan terus melakukan kegiatan pengamanan di rumah-rumah ibadah, mendukung tugas Polri,” tegasnya.

(BARMAS SULUT)

Comment