KOPDAR, LMPI Macab Jepara dalam Rangka Hari Bela Negara Ke 73

MediaSuaraMabes, Jepara – LMPI Macab Jepara yang diketuai oleh H Heni Purwadi S.H Bersama semua ketua Mac LMPI jepara ,pengurus dan anggota LMPI sekabupaten Jepara mengadakan acara Kopdar LMPI Dan dialog Bela Negara, Minggu (19/12/2021)

Dalam acara tersebut diberi tema “MENJAGA ALAM DAN LINGKUNGAN DISEKITAR KITA AGAR TETAP BERSIH DAN TERJAGA DENGAN MELAKUKAN PENGHIJAUAN ADALAH TERMASUK BAGIAN DARI WUJUD BELA NEGARA.”

Adapun bentuk kegiatannya antar lain : Kopdar bela Negara & dialog Bela negara , festival kopi Damarwulan, menanam bibit tanaman, buah klengkeng, durian, alpokat , rambutan dll.

Dalam acara tersebut juga dihadiri wakil ketua DPRD Jepara H.Pratikno, Babinsa desa damarwulan Babinkamtibmas desa damarwulan, perwakilan dari pejabat desa damarwulan. Dan masyarakat damarwulan Keling.

Acara tersebut dilaksanakan secara sederhana di alam terbuka di taman wisata bukit kejel yang sejuk nan asri dengan suasana pedesaan yang indah dan udara yang segar yang berada didesa damarwulan, Keling, Jepara .

Acara dibuka oleh pemuda pemudi yang ganteng dan cantik yang mempunyai jiwa Bela negara yang hebat mas bagos dan mbak tasya yang juga aktif disetiap kegiatan Pramuka. Dalam sambutannya ketua LMPI Macab Heni Purwadi SH Jepara berkata Konsep menjaga alam, bersinergi harus kita jaga karena itu bagian dari bela negara.

Karena menanam sebagai bentuk bela negara .karena percuma sebaik apapun proyek dibuat oleh pemerintah tapi alam tidak dijaga maka bisa terjadi longsor, banjir dan sebagainya. LMPI Macab Jepara bersama semua anggotanya punya kewajiban menjaga alam dari kerusakan yang disebabkan oleh tangan kita sendiri, jjka dulu bela negara itu mengangkat senjata perang untuk mengusir penjajah dari tanah air tercinta Indonesia, tapi sekarang bela negara berbeda harus diwujudkan dalam banyak hal termasuk menjaga alam dari kerusakan.

Baca Juga :  Polres Buol Wujudkan Pencapaian 70% Vaksinasi

Lanjut Heni Purwadi S.H acara ini juga disupport oleh pasar rakyat seperti kelompok wirausaha Keling yang memproduksi berbagai jenis bubuk kopi dan bubuk instan untuk membantu menjaga kesehatan, berbagai jenis makanan khas desa bermacam macam yang berada diwilayah Keling.

Dihadiri H.Pratikno wakil DPRD jepara, yang sebelumnya telah secara langsung menawarkan bibit untuk ditanam dan bukan menunggu masyarakat meminta terlebih dulu, bela negara konsepnya alam desa menjadi baik, penataan alam menjadi baik.

H.pratikno mengatakan acara ini sangat luar biasa karena kegiatan seperti ini biasanya diadakan didalam gedung tapi berbeda yang dilaksanakan oleh LMPI Jepara yang diadakan diluar gedung yaitu dialam terbuka .

Menanam adalah program pemerintah karena itu pemerintah jangan monoton dalam mengatur program seperti memberi bibit yg tidak berkualitas kepada pemerintah. Berilah bibit yang unggul, berkualitas agar hasilnya juga berkualitas. didesa dibuat bendungan disungai sehingga nanti air tidak mengalir langsung kelaut, agar bisa dimanfaatkan masyarakat desa seperti mengairi sawah dan sebagai kebutuhan air dimusim kemarau.

Dalam sesi dialog yang dipimpin oleh Abdul Qodir ketua Mac LMPI Mlonggo sekaligus sekretaris panitia acara memberikan kesempatan yang hadir berdialog langsung dengan wakil ketua DPRD Jepara H.pratikno .

Dalam dialog Rumani seorang pemerhati lingkungan didukuh tladah Desa jambu timur, Mlonggo yang telah menjaga sungai didesanya dengan tenaga, hasil upah dari kerjanya untuk membuat bendungan kecil didesanya yang bermanfaat untuk masyarakat ketika musim kemarau yang digunakan mencuci pakaian disungai, mencuci kendaraan dan sebagainya, dalam dialog nya menyampaikan kepada wakil ketua DPRD Jepara H.Pratikno, semoga bisa membantu dalam upaya nya selama ini menjaga sungai agar tetap alami, bersih ikan ikan disungai tetap hidup.

Baca Juga :  Harapan Masyarakat Desa Cidahu Untuk Pembangunan Jalan Menuju Wisata Manglid Akhirnya Terwujud Juga

Mustaqim sekaligus ketua LMPI Mac Kedung yang juga pengelola omah piting didesa panggung Kedung juga menyampaikan ganjalan hati yang selama ini belom mendapat dukungan penuh dalam mengelola dan memberikan edukasi, pelatihan cara budidaya kepiting kepada masyarakat yang membutuhkan.

Dari kedua pemerhati lingkungan tersebut mendapat respon dan diterima baik oleh H.Pratikno wakil ketua DPRD Jepara dan akan diperhatikan serta dibantu dibantu sehingga apa yang menjadi keinginan serta perjuangan dalam menjaga alam/lingkungan selama ini bisa terwujud.

Acara kopdar berjalan dengan baik didukung cuaca yang sangat cerah. Dan diakhir acara bersama sama menanam bibit tanaman.

(Noor faizin)

Comment