Musrenbangdes 2021 dalam rangka Penyusunan RKP-Desa Tahun 2022 Di Desa Tabeak Blau 1

MediaSuaraMabes, Bengkulu — Musyawarah Perencanaan Pembangunan yang selanjutnya disingkat Musrenbang adalah forum rembug warga desa yang dilakukan untuk membicarakan masalah dan potensi desa agar teridentifikasi dengan baik untuk memberikan arah yang jelas atas tindakan yang layak menurut skala prioritas dan dilaksanakan dalam mengatasi masalah atau memaksimalkan potensi yang dimiliki sebagai dasar program kerja pemerintah desa melaksanakan penganggaran dan kegiatan tahun-an (Tahun 2022) di desa.

Agenda rutin tahunan dalam implementasi Rencana Pembangunan Jangka menengah Desa (RPJM-Desa). Perencanaan Desa Tahun 2022 merupakan tahun keempat dari Program kegiatan RPJM-Desa.

Pada hari Jum’at 17 Desember 2021 bertempat di Balai Desa tabeak Blau 1,kecamatan Lebong Atas, talah dilaksanakan kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) dalam Rangka Penyusunan RKP Desa Tahun 2022 yang dihadiri oleh unsur BPD, pasti,lembaga desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, perwakilan perempuan, Tim dari Kecamatan, Bhabinkamtibmas, Babinsa, serta awak media. Kegiatan tersebut dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan yang telah ditetapkan Pemerintah.

Kepala desa Tabeak Blau 1 Olman Syahri menyampaikan, “Musyawarah perencanaan pembangunan desa kami ini, merupakan rangkaian acara penyusunan RKP-Desa untuk tahun 2022, yang dimulai dari Proses Musyawarah Desa Perencanaan Pembangunan Tahunan”.Sampainya.

“Musrenbang ini juga Kami lakukan untuk Pencermatan Pagu Indikatif Desa atau penyelarasan Program dan kegiatan kami,yang akan dilaksanakan dan yang akan Masuk Desa, serta Pencermatan Ulang Dokumen RPJM-Desa”.Tambah pak kades.

Kapolsek Lebong atas Subkhan yang diwakili oleh Suprizal,
“Besok Diberitahukan akan diadakan vaksin diseluruh desa bertempat di Balai Desa masing-masing.mengingat merayakan hari ulang tahun Kabupaten Lebong yg ke-18”.katanya

“mari sama-sama kita dukung kegitan tersebut dan selaku masyarakat ikuti vaksinasi gratis tersebut sesuai anjuran pemerintah”.imbuhnya

Baca Juga :  Organisasi Spizaetus Gelar Pembentangan Bendera Merah Putih di Titik 0-Mdpl Untuk Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 94

“Kita dukung skala prioritas pemerintah.saya menghimbau untuk warga tabeak Blau 1 terdapat 54 orang yang belum vaksin silahkan serentak datang vaksinasi besok”, tambah Nababan dari Babinsa.

Tujuan yang hendak dicapai dalam hasil penyusunan RKPDes tahun 2022 di Desa Tabeak Blau 1 adalah sebagai berikut;
1.Buka Badan Jalan Dusun III
2.Irigasi persawahan dusun III
3.Bedah rumah tidak layak huni
4.Pengadaan lampu tenaga Surya

Ranking usulan non sarpras (sarana,prasarana)
1.Pelatihan stanting
2.pelatihan perangkat desa Dan BPD
3.Pelatihan kelompok tani (stek kopi)
4.Buru Hama Babi
5.pengadaan alat perancis
6.pelatihan akad nikah
7.pembinaan organisasi perempuan
8.pengadaan pakaian adat rejang
9.pengadaan seragam olahraga
10.pengadaan mesin tumbuk kopi
11.Latihan menjahit kelompok masyarakat.

Musrenbang desa Tabeak Blau 1, diselenggarakan dengan berpedoman pada Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia nomor 21 Tahun 2020 tentang Pedoman Umum Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, dan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia.

nomor 7 tahun 2021 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2022 dimana untuk tahun 2022 prioritas penggunaan dana desa diarahkan untuk program atau kegiatan percepatan pencapaian SDGS desa melalui : pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan desa; program prioritas nasional sesuai kewenangan desa; dan mitigasi serta penanganan bencana alam dan non alam sesuai kewenangan desa.

(NM/Y2/DK)

Comment