Peringati HUTDA Ke-61 Bupati Toli Toli Apa Yang Dicapai Sekarang Merupakan Jeripayah Para Pendahulu Kita

MediaSuaraMabes, Tolitoli — Bupati Tolitoli Amran Hi. Yahya selaku Inspektur Upacara Puncak Peringatan Hari Ulang Tahun Daerah (HUTDA) Kabupaten Tolitoli ke-61 di Taman Kota Gaukan Mohammad Bantilan pada Sabtu Pagi (11/12/2021).

Turut hadir Wakil Bupati Moh. Besar Bantilan bersama Ny. Carolin , Ketua Tim Penggerak PKK Ny. Sriyanti Amran Dg. Parebba, bersama seluruh ketua-ketua organisasi kewanitaan se Kabupaten Tolitoli, Sekretaris Daerah Kabupaten Tolitoli Mohammad Asrul Bantilan, S.Sos bersama Ny. Eflin Flora Tambuwun, S.Pd, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Tolitoli, Anggota DPRD, seluruh Pejabat Pemerintah Daerah, Pimpinan Instansi Vertikal, Pimpinan BUMN dan BUMD Kabupaten Tolitoli serta insan pers.

Amran Hi. Yahya saat memberikan sambutannya mengatakan peringatan Hutda kali mengangkat tema Dengan Semangat Gotong Royong kita wujudkan Tolitoli yang Sejahtera dan Mandiri,sekaligus spirit bagi Pemerintah Daerah untuk bersama sama bergandengan tangan dengan pemangku kepentingan dan seluruh masyarakat untuk terus memberikan pengabdian terbaik demi kelanjutan pembangunan daerah dalam suasana kekeluargaan yang kondusif serta terus berusaha menjalin kebersamaan yang dilandasi semangat gotong royong. Melalui perayaan ulang tahun kita berupaya merancang masa depan berlandaskan realita dan dinamika kekinian tanpa melupakan nilai-nilai dan peristiwa bersejarah di masa lalu rasa cinta dan bangga terhadap daerah ini harus terlaksana dalam kerja keras kerja ikhlas dan kerja cerdas sesuai dengan potensi dan profesi kita masing-masing sehingga tujuan dan harapan HUTDA kali ini dapat menjelma dalam implementasi dan karya nyata.

kegiatan ini dilaksanakan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.
“Tahun ini tidak dilaksanakan pameran pembangunan, tidak ada pangung-panggung hiburan tidak ada pegelaran budaya dan lain sebagainya, hal itu karena pandemi Covid-19 masih mewabah yang menuntut kita semua harus menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan,Pandemi covid-19 seperti kawah candradimuka yang menguji, mengajarkan dan sekaligus mengasah. Pandemi Covid-19 “tandas Amran

Baca Juga :  11 Kalinya, Ganjar Pranowo Menerima WTP Dari BPK

Lanjut Amran memberikan beban yang berat kepada kita, beban yang penuh dengan risiko dan memaksa kita untuk menghadapi dan mengelolanya. Semua pilar kehidupan kita diuji, semua pilar kekuatan kita diasah, ketabahan kesabaran, ketahanan, kebersamaan, kepandaian dan kecepatan kita semuanya diuji dan sekaligus diasah.

Ketua Dewan Adat Tolitoli Drs. Hi. Ibrahim sebelum upacarab Sudah membacakan sejarah singkat terbentuknya Kabupaten Tolitoli yang menguraikan sisitem pemerintahan kerajaan sejak dilantiknya raja Tolitoli pertama pada abad ke – 16 hingga terbentuknya Kabupaten Buol Tolitoli sampai Tahun 1999 di mana Tolitoli berdiri sendiri sebagai Kabupaten setelah Buol memisahkan diri.

Di bagian lain Bupati menjelaskan, seiring dengan bergantinya waktu, hari bulan dan bergantinya tahun tidak terasa Kabupaten Tolitoli telah memasuki usia 61 tahun. Usia itu merupakan rentang panjang perjalanan karena penuh dengan romantika dan perjalanan sejarah. Sebagai masyarakat Kabupaten Tolitoli, kita wajib bersyukur dengan menjadikan Hutda ini sebagai suatu inspirasi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan daerah ini dengan karya dan prestasi, lalu kita bingkai catatan perjalanan hari ini dan ke depan dengan kerja-kerja produktif demi meraih cita-cita dan harapan akan masa depan yang lebih baik. Begitu juga sebagai generasi penerus, hendaknya menjadikan sejarah sebagai untaian peristiwa penuh makna dan hikmah lalu dari sejarah kehidupan pemerintahan dan pembangunan Kabupaten Tolitoli selama ini, bisa dipetik pembelajaran bahwa setiap generasi kepemimpinan memiliki warna dan dinamika tersendiri sesuai era dan zamannya.

Untuk membangun negeri tercinta ini. Oleh karenanya sudah sewajarnya kita mengucapkan terima kasih yang tulus serta senantiasa mendoakan keselamatan kepada seluruh pendahulu dan seluruh pendiri Kabupaten Tolitoli s

Baca Juga :  ASN Jateng Borong Hasil Pertanian

Comment