Hilang Kontak Tiga Hari, Akhirnya KM Subur Indah Berhasil Ditemukan Tim SAR Gabungan

MediaSuaraMabes, Nunukan — Tim SAR Gabungan yang melakukan Pencarian KM Subur Indah beserta lima orang anak buah kapal (ABK) di hari ketiga membuahkan hasil.

Kapal KM Subur Indah ditemukan pada Rabu (01/12) di Perairan Pancang Putih dekat Ambalat Kabupaten Nunukan yang sebelumnya dinyatakan hilang kontak sejak Minggu malam (28/11/2021) diduga di perairan Amal Tarakan.

“Tim SAR Gabungan Berhasil menemukan Kapal KM Subur Indah pada pukul 09.10 WITA diperairan Pancang Putih dekat Ambalat Kabupaten Nunukan, kata Amiriddin, Kepala Kantor SAR Tarakan melalui realese yang diterima media, Rabu (01/12/2021).

Menurut Amiruddin, posisi KM Subur Indah pada saat ditemukan tepatnya sekitar 25,98 NM Heading 113,90° dari pelabuhan Tunon Taka Nunukan dengan koordinat 3°58’7.98″N118° 3’55.62″E.

Dan lima orang POB Kapal KM Subur Indah dalam kondisi selamat dan sehat.

“Diketahui Kapal tersebut mengalami kerusakan mesin pada bagian Hast propeller sehingga kapal mati mesin dan terombang ambing selama beberapa hari sebelum ditemukan,” jelasnya.

Ditambahkan Amiruddin, “sekitar pukul 10.28 WITA Kapal KM Subur Indah kembali melanjutkan perjalanan dengan cara ditarik oleh kapal yang disediakan oleh pemilik kapal dan di dampingi oleh KN SAR Seta untuk memastikan kapal tersebut sampai di Sungai Nyamuk Pulau Sebatik dengan selamat,” tambahnya.

Selanjutnya pada pukul 11.15 WITA KN SAR Seta kembali ke pelabuhan Malundung Tarakan dan operasi SAR Gabungan yang melibatkan Tim rescue Kansar Tarakan, Ditpolair Polda Kaltara, Polairud Polres Tarakan, Pos Al Pulau Bunyu
dan masyarakat dinyatakan selesai dan ditutup.

Syafaruddin.

Baca Juga :  YNCI Manado Chapter Gelar 6th Anniversary & Family Gathering

Comment