Kepala Lemdiklat Polri Melantik Ribuan Bintara Menjadi Perwira. 

MediaSuaraMabes, Sukabumi — Kepala Lemdiklat Polri Komjen Pol. Prof. Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si. secara resmi menutup Pendidikan Alih Golongan (PAG) dari Bintara ke Perwira Polri Gelombang 1 Tahun 2021 bertempat di Lapangan Soetadi Ronodipuro Sektukpa Lemdiklat Polri, Sukabumi, Selasa (9/11/2021).

Pada penutupan PAG itu, Komjen Rycko melantik 1.267 bintara menjadi perwira pertama Polri dengan pangkat Inspektur Polisi Dua. Para perwira yang dilantik merupakan lulusan enam satuan pendidikan yaitu 818 orang di Setukpa Lemdiklat Polri, 100 orang di Pusdik Sabhara, 100 orang di Pusdik Brimob, 99 orang di Pusdik Binmas, 75 orang di Pusdik Intel, dan 75 orang di Pusdik Administrasi.

Pada upacara penutupan PAG itu, Kepala Lemdiklat Polri selaku inspektur upacara membacakan amanat Kapolri. Dalam amanatnya Kapolri mengucapkan selamat kepada para Perwira yang baru saja dilantik. Nantinya para perwira ini akan menjadi bagian dari penguatan tugas pada berbagai fungsi staf dan operasional sesuai bidang masing-masing di tingkat markas besar maupun di seluruh jajaran kewilayahan.

“Seyogyanya para perwira yang dilantik harus menyadari bahwa filosofi dasar kehadiran polisi di tengah masyarakat adalah untuk mencegah terjadinya kejahatan. Dalam hal ini tindakan pencegahan harus lebih dikedepankan dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang terjadi di masyarakat dengan tegas, humanis, dan tuntas,” kata Komjen Rycko.

Keberadaan Polri, ujar dia, harus dapat menimbulkan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat sehingga mereka dapat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari dengan lancar.  Kepada para perwira yang baru saja dilantik, Komjen Rycko mengimbau mereka untuk selalu menjadi insan Bhayangkara yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Jangan pernah berhenti belajar, berlatih, dan mengembangkan diri serta selalu menerapkan disiplin dalam bersikap dan bertindak sesuai etika, norma, dan aturan yang berlaku. Selain itu para perwira harus terus menjalin kebersamaan, kekompakan,  dan mengembangkan semangat esprit de corps serta kecintaan terhadap institusi. Juga jalinlah kemitraan dan sinergitas dengan TNI dan seluruh stake holder pemerintah pusat dan daerah serta sekuruh komponen masyarakat dalam menciptakan Harkamtibmas,” ujarnya.

Baca Juga :  Anggota DPRD Deliserang Tinjau Galian C

Menutup amanatnya, atas nama Kapolri, Komjen Rycko menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada jajaran Lemdiklat Polri, Kasetukpa Lemdiklat Polri,  dan segenap pengasuh serta tenaga pendidik maupun instruktur yang dengan penuh semangat dan keikhlasan telah memberikan dedikasi terbaik guna terselenggaranya PAG Gelombang I TA 2021.

Upacara penutupan PAG I tahun 2021 diikuti oleh Pejabat Utama Mabes Polri secara virtual, Pejabat Utama Lemdiklat Polri, Kasetukpa Lemdiklat Polri Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto, S.I.K., M.Hum, para Kasatdiklat, Forkopimda, dan seluruh Personel Setukpa Lemdiklat Polri.

Di antara pejabat yang hadir tampak ini Wakapolres Sukabumi Kota Kompol Wisnu Perdana Putra, S.H., S.I.K. Setelah mengikuti upacara, Kompol Wisnu menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan itu.

“Kami sangat mengapresiasi karena kegiatan pelantikan Siswa Pendidikan Alih Golongan ini berjalan dengan lancar, kondusif serta mematuhi protokol kesehatan,” pungkas nya””

( Herlan )

Comment